Kedaulatan Pangan Kita Terancam?

kedaulatan pangan terancam

Tema pangan menjadi sorotan koran harian Kompas dua hari berturut-turut kemarin pada tanggal 26 dan 27 Februari. “Kedaulatan Pangan dalam Ancaman” menjadi judul headline pada tanggal 26 Februarinya dan “Keragaman Pangan Diabaikan” di hari selanjutnya.

Kata pilihan Kompas untuk ‘kedaulatan’ menjadi hal yang menarik untuk saya, dimana biasanya orang atau institusi lain sering menggunakan ‘ketahanan’ sebagai padanan kata untuk mempertegas kemampuan penyediaan pangan yang kita miliki.

Saya sangat setuju ketika kita menggunakan kata kedaulatan ketimbang ketahanan. Ini masalah persepsi, dan tentu saja persepsi akan melahirkan motivasi yang berbeda-beda bagi setiap orang untuk bertindak.

Kedaulatan lebih bermakna penguasaan (ini memberikan persepsi bahwa kita masih memiliki kuasa/kendali untuk mengubah atau memperbaiki), menurut saya ini lebih berkonotasi positif, sedangkan ketahanan lebih kepada konotasi negatif sebab ketahanan lebih bermakna memperjuangkan sisa-sisa yang ada (persepsi yang ditimbukan seperti sebuah keputusasaan pada hal yang sudah lepas kendali dan ini tidak baik untuk memotivasi untuk mengubah ke arah yang lebih baik).

Lihat bagaimana pemilihan kata saja mampu melahirkan persepsi yang berbeda, sadar ataupun tidak, hal itu mempengaruhi pemaknaan atas situasi dan tindakan apa yang seharusnya kita ambil.

Satu lagi yang saya suka dari berita lanjutannya di hari lainnya adalah diangkatnya berita oleh Kompas tentang bagaimana hal ini bisa terjadi, salah satunya adalah karena keragaman pangan yang diabaikan.

Jadi koran Kompas memberikan solusi yang mungkin tidak ditulis dengan gamblang, “Ayo kita makan apa yang tumbuh di bumi ibu pertiwi, ubi, singkong, sagu, jagung, dan puluhan jenis sumber karbohidrat lainnya!”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s