Sang Tabula Rasa

498888041

Kertas kosong. Ini terjemahan paling ringkas ke dalam bahasa Indonesia. Pertama kali saya mengenal istilah tabula rasa  ini sekitar 7 tahun lalu melalui sebuah judul episode serial Amerika: Heroes.

Tema ini selalu menarik dalam diskusi apapun. Dari lagu, tulisan sampai film.  Karena ini adalah tahap yang setiap orang mau tidak mau harus melewatinya. Langkah awal perjalanan hidup. Layaknya sebuah kertas, tidak berisi apa-apa. Kosong.

Kemudian perjalanan waktunya membawa pada pengisi-pengisinya. Lingkungan terdekat sampai terluar. Orang tua hingga orang asing sekalipun. Beraneka ragam dan juga banyak juga yang mirip-mirip, membentuk sang kertas kosong menjadi duplikasi-duplikasi yang sangat mirip atau sangat berbeda samasekali.

Karakter. Akhirnya sang tabula rasa menjadi sosok yang kompleks. Sosok penuh isi, yang kadang tidak tahu apa saja yang di dalam dirinya. Orang-orang kemudian melabelinya kutub ekstrem hitam atau putih. Mereka tidak menerima abu-abu. Mereka tidak menerima sang tabula rasa kadang hitam dan kadang putih. Atau bagaimana dia melewati perjuangan diantaranya. Mereka mau sang tabula rasa untuk ekstrem memihak. Tanpa ampun.

Sampai akhirnya sang tabula rasa bukanlah sang tabula rasa. Dia menjadi sama persis dengan para pengisinya. Sang tabula rasa kemudian hening dalam jeda-jeda. Mencoba memeriksa kembali dirinya. Mengais-ais dirinya ketika dulu dia menjadi tabula rasa yang sesungguhnya. Mungkin tampak rapuh, tapi begitu sederhana, dan juga diingini. Tanpa harus menjelaskan samasekali tentang dirinya. Kepada siapapun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s