Gridlock: Ketika Panjang Jalan Tidak Sesuai Dengan Jumlah Kendaraan

 

Pagi hari menjadi rutinitas mengantar adek saya pergi ke sekolah. Durasi yang saya perlukan pergi-pulang (pp) yang biasanya hanya 20 sampai 30 menit. Senin pagi ini mencapai 50 menit total perjalanannya, 40 menit pergi dan 10 menit pulang padahal jarak tempuhnyanya hanya sekitar 5 km! Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Satu jawabannya adalah terjadi gridlockGridlock is a type of traffic jam where “continuous queues of vehicles block an entire network of intersecting streets, bringing traffic in all directions to a complete standstill.”

Secara sederhana gridlock diartikan sebagai kemacetan yang terjadi karena panjang jalan tidak sesuai dengan jumlah kendaraan. Gridlock yang saya alami, terjadi di pertigaan Matoa. Pertigaan yang menghubungkan jalan Moch. Kahfi II dengan jalan Antariksa, di area ini setidaknya ada dua SMP yang berdekatan, dan satu SD di samping SMP 131.

Setiap pagi sepanjang pemantauan mata, hampir seluruh siswa/i di sekolah-sekolah ini diantar-jemput ke dan dari sekolah dengan motor atau mobil. Bisa dibayangkan berapa kendaraan yang melintas di jalan ini. Yang masalahnya timbul adalah kami berangkat dan pulang hampir secara bersamaan pada satu rentang waktu. Kapasitas jalan tidak bertambah, kuantitas kendaraan meningkat.

Itupun tidak hanya kendaraan para pengantar yang melintas, karyawan/wati yang berangkat menuju kantor juga menjadi komuter langganan yang melintas setiap pagi. Waktu yang menunjukan semakin dekat dengan waktu masuk sekolah/kantor membuat kami enggan mengurangi laju kendaraan, setiap ada ruang kosong di depan atau ruang jalan milik kendaraan lain yang berlawanan arahpun tak luput dari kami. Beginilah kami menghadapi pagi di tempat tinggal kami. Bagaimana dengan kamu?

gridlock

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s