(Palestina 2) Bisnis dan Kebaikan

Pernah saya dengar kalau orang Timur Tengah sangat memuliakan tamu. Mehmenkhana atau keramahtamahan terhadap tamu, begitu–kalau tak salah– Agustinus Wibowo menyebut kebaikhatian orang Afghanistan dalam Selimut Debu. Pun orang Palestina yang kabarnya baik pada tamu meski mereka sendiri dalam keadaan susah. Mengalaminya langsung, sedikit banyak saya merasa itu benar adanya.-Fuji Pratiwi

Fuji Pratiwi

Pemilik perusahaan minyak zaitun asal Tepi Barat, Palestina Agricultural Techno-chemical Co. (ATCo) yang saya temui di Thailand Halal Assembly (THA), Bangkok akhir Desember 2015 lalu, Osama bin Odeh, beruntung bisa menembus pasar Muslim ASEAN pasca mengikuti ekspo produk halal di Malaysia pada 2008. Tiga tahun pertama, pasokan tak terlalu banyak karena harga minyak zaitun ATCo terbilang mahal dan tekanan Israel terhadap Palestina menyulitkan pengiriman.

Karena itu, minyak zaitun ATCo punya pasar tersendiri dan tidak dijual bebas di toko-toko. Saat ini permintaan dari distributor di Malaysia sudah delapan sampai 10 kalinya dari pertama kali dipasarkan pada 2008. Sejak 2014, ATCo mulai berekspansi ke negara ASEAN lain termasuk Thaland. Odeh sendiri tengah mencari mitra untuk bisa bisa menembuskan produknya ke Indonesia.

Distribusi ke Thailand ia mulai sejak tiga tahun lalu karena pasar wisata halal, terutama di Phuket, cukup besar. Odeh berterima kasih pada penyelenggara ekspo halal Malaysia dan Thailand yang mengundangnya.

Odeh mengakui…

View original post 642 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s