Siswa SMP Sudah Seharusnya Bercelana Panjang

Karena siswa SMP laki-laki sekarang sudah cepat pubertasnya dibandingkan laki-laki zaman dahulu, maka tidak pantas lagi mereka disebut anak-anak, mereka sudah mulai remaja bro! Batas aurat mereka pun sebaiknya sudah harus disesuaikan yaitu sehingga lutut. Namun, memakai celana sebatas lutut terlihat kurang pas secara estetika — tanggung gitu — maka siswa SMP laki-laki sudah seharusnya memakai seragam celana panjang seperti kakaknya di SMA. Apalagi anak-anak sekarang rata-rata jangkung-jangkung karena gizi yang membaik, maka kurang elok ke sekolah masih memakai celana pendek, sementara sehari-hari di lingkungan rumah mereka memakai celana panjang. – Rinaldi Munir

Catatanku

Tahun depan dan tahun depannya lagi anak saya akan memasuki jenjang SMP. Di Bandung jarang ada SMP swasta yang bagus, SMP yang bagus umumnya SMP negeri. Ada beberapa SMP yang menjadi favorit siswa SD di Bandung, yaitu SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, dan SMP Negeri 14. Dua SMP pertama sudah berlabel RSBI, sedangkan SMP 14 belum RSBI (CMIIW).

SD anak saya selama ini adalah sekolah Islam, yang menerapkan kewajiban memakai seragam muslim/muslimah. Siswa laki-laki memakai celana panjang, sedangkan siswa perempuan memakai rok panjang dan kerudung. Saya ingin anak saya nanti masuk SMP yang bagus-bagus itu. Nah, masalahnya karena merupakan SMP Negeri, maka aturan seragamnya tentu tidak sama dengan sekolah Islam. Siswa laki-laki SMP negeri memakai celana pendek, sedangkan siswa perempuan memakai rok selutut seperti foto di bawah ini. Model seragam tersebut tidak berubah sejak saya sekolah di SMP pada awal tahun 1980-an.

Berhubung sejak SD anak saya memakai seragam…

View original post 475 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s