Dear Pemuda

Tapi kalau di surel saja kita masih menggunakan awalan Dear dan Regards di akhirannya, padahal isi sepenuhnya surelnya adalah berbahasa Indonesia, apakah Sumpah Pemuda itu sesulit itu?

Map-Indonesia

Baru saja terbesit dalam pikiran, kenapa sumpah pemuda ya? bukan janji saja, terkesan berat sekali tanggungan seorang pemuda. Padahal ketika remaja dulu mungkin kita hanya sekedar mengikrarkan janji siswa itupun sambil menahan kaki yang lelah karena terlalu lama berdiri tegak. Jadi tidak terbayangkan kalau menggunakan kata sumpah? seperti Patih Gajah Mada yang bersumpah menyatukan seluruh Nusantara dalam Sumpah Palapanya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian janji adalah ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat (seperti hendak memberi, menolong, datang, bertemu) atau dalam pengertian lainnya adalah syarat; ketentuan (yang harus dipenuhi).

Masih di kamus yang sama, pengertian sumpah adalah pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhannya dan sebagainya), pernyataan disertai tekad melakukan sesuatu untuk menguatkan kebenarannya atau berani menderita sesuatu kalau pernyataan itu tidak benar atau janji atau ikrar yang teguh (akan menunaikan sesuatu).

Dari definisi itu kita jadi tahu kan, sumpah itu tingkatnya lebih tinggi dari janji yaitu janji atau ikrar yang teguh, ada tekad yang disertai bahkan sampai si pengucap rela menderita dalam pencapaian sumpahnya tersebut ditambah Allah sebagai saksinya dalam pernyataan yang kita ucapkan. Dan selama kamu, saya, kita masih merasa muda artinya kita terikat dengan sumpah oleh para pendahulu kita. Tapi yang jadi pertanyaan adalah apakah semangat, tekad dan keberanian untuk menderita oleh sumpah itu masih terwariskan di sanubari kita? Hanya Allah dan diri kita sendiri yang tahu.

Dalam pertanyaan sumpah pemuda yang telah berusia 87 tahun ini, kita coba seksamai pernyataan-pernyataannya. Pada pernyataan pertama dan kedua kita bersumpah MENGAKUI tumpah darah dan bangsa kita adalah tanah dan bangsa Indonesia. Pernyataan ketiga adalah MENJUNJUNG bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia. Tapi kalau di surel aja kita masih menggunakan awalan Dear dan Regards di akhirannya, padahal isi surel sepenuhnya adalah berbahasa Indonesia, apakah penerapannya Sumpah Pemuda itu sesulit itu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s