Pekerjaan Rumah Transportasi Kita

Ceritanya pagi ini saya menghadiri sebuah acara FGD di bilangan Sudirman. Sehari sebelumnya saya sudah merencanakan untuk menggunakan moda kereta sebagai pilihan perjalanan pagi ini. Maka saya cek jadwal keberangkatan rute kereta yang saya tuju dan jarak tempuh dari stasiun ke lokasi acara tersebut dengan berjalan kaki.

Saya termasuk orang yang sedikit melakukan perjalanan (trip), mungkin dalam sebulan bisa dihitung dengan jari jumlah perjalanan komuter (bolak-balik) saya, terutama yang menuju pusat kota. Tidak sepenuhnya perjalanan saya ditempuh dengan kereta, dari rumah saya masih naik motor untuk ke stasiun dan parkir disana. Setibanya di stasiun Sudirman, saya masih melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 1,8 Km dari stasiun ke Hotel Grand Sahid Jaya lokasi acara yang saya ikuti. Total waktu tempuh perjalanan dengan cara ini menurut saya sudah cukup cepat. Berangkat dari rumah pukul 06.20 sampai di di stasiun puku 07.45. Saya bahkan masih sempat ngopi Cappuchino dulu di stasiun selama 15 menit, lalu melanjutkan perjalanan kaki sekitar 12 menit.

Oiya, yang berbeda dari perjalanan kereta ini adalah saya menggunakan hand-band ticket yang saya dapatkan karena menjadi penanya di sebuah acara tempo lalu. Alat pembayaran ini sepertinya memang belum trend, karena sepanjang saya menggunakan alat pembayaran ini, sepertinya baru saya yang pakai. Ada kekhawatiran sebetulnya ketika saya menggunakan alat ini, khawatir kalau pintu stasiun tidak mau terbukan. Lalu benarlah kejadian ketika saya mau keluar di stasiun Sudirman. Dengan stasiun Sudirman yang cukup ramai tadi, saya mundur dulu dan memanggil petugas, yang petugasnya sama-sama kesulitan untuk membuka. Sampai akhirnya dia menggunakan kartu akses miliknya. Ketika saya sudah bisa melewati pintu keluar, petugas lain yang memegang hand-band saya berhasil mengakses pintu tapi di unit pintu yang lain. Setelah berterima kasih saya melanjutkan perjalanan, jadi menurut saya perlu diperbaiki lagi sistem pembayaran yang satu ini, ditambah lagi ‘gelang tiket’ ini begitu gampang lepas. Sudah hampir tiga kali seharian ini, alatnya lepas dan hampir hilang 🙂

Ada beberapa cerita lagi sebetulnya yang ingin saya sampaikan terkait perjalanan pergi-pulang hari ini. Tapi kata orang gambar dapat mewakili ribuan kata. Jadi akan saya lampirkan saja foto-foto perjalanan saya hari ini 🙂

IMG_20150915_064040[1]

Praktis, tapi masih perlu diperbaiki

IMG_20150915_071153[1]

Mba ini masih memaksakan diri untuk masuk kereta Seandainya dia tahu sesudah ini ada feeder KA yang kosong 😦

IMG_20150915_080908[1]

Biasanya saya yang suka mepet-mepet trotoar seperti di foto ini 🙂

Leave a Reply

