Menurunkan Berat Tubuh

Olahraga-sehat

Setidaknya di awal tahun ini rekor berat tubuh saya hampir tembus 100 kg. Jika saja tidak pergi ke belajar ke Kampung Inggris, Jawa Timur selama sebulan mungkin berat tubuh saya semakin naik saja. Lalu apa hubungannya berat tubuh dengan ke pergi belajar? Rupanya perantauan yang sebentar itu memberi sumbangsih penurunan berat tubuh sampai 5 kg, hehe. Mungkin itu efek juga karena selama di sana saya mengurangi banyak cemilan yang tidak saya lakukan ketika berada di rumah. sound makes sense kan sekarang? 🙂

Sekembalinya ke Jakarta, berat tubuh saya berangsur-angsur naik pelan-pelan 😦 mulai terasa nggak enak, susah gerak, malas dan bawaannya ngantuk. Maka saya ambil keputusan untuk merubah gaya hidup lagi. Dimulai dengan memulai kembali aktivitas lari (diawal-awal hanya lari seminggu sekali s/d dua kali). Lalu intensitasnya saya tambah lagi hingga tiga kali seminggu. Belum ada perubahan yang signifikan dengan berat tubuh, tapi efek ke badan terasa enak dan lebih nyaman.

Kemudian tidak lama, sekitar dua bulan yang lalu saya kenal dengan konsep pola makan food combining. Food combining sendiri bukan diet, melainkan mengatur asupan makan kita sesuai dengan siklus sakardian, makan apa yang dibutuhkan tubuh sesuai fase pengolahan makanan tubuh. Untuk lebih detailnya nanti saya buat post terpisah.

Dari perpaduan olahraga lari yang saya rutinkan dengan food combining yang saya mulai biasakan. Berat tubuh saya sekarang berada di posisi 90 kg. Saran Body Mass Index (BMI) yang ideal melalui BMI calculator ini paling tidak berat tubuh saya harus berada di posisi 59-80 kg. Jadi sekarang saya sedang mengusahakan untuk berada di posisi 80 kg, dan itu 10 kg lagi! heuheu. Dan yang terpenting dari dari semua ini adalah mempertahankan kesehatan tubuh kita selama mungkin secara berkelanjutan. Aamiinn 🙂

Keterangan Foto: [kiri] Januari 2015 dengan berat tubuh 99 kg :p [kanan] Juli 2015 dengan berat tubuh 90 kg 🙂

Leave a Reply

