Harddisk Eksternal

If the storage is full very early , then there maybe some softness for a while , not long , but for a while

(Andrew Gould)

datacenter_triinti

Total saya punya 4 buah harddisk eksternal sekarang. Harddisk yang pertama saya beli adalah HDD eks Seagate Expansion. Dibeli di bulan Mei tahun 2011 berkapasitas 1T dan sekarang sudah jarang (tidak) saya pakai karena agak merepotkan dengan harus pasang adapter dulu untuk bisa dinyalakan 😦

Harddisk kedua saya beli tahun 2013 di bulan September, berkapasitas 0,5T. Merknya masih sama Seagate juga. Sempat buat masalah karena beberapa data foto sempat hilang (malah tidak terbaca) ketika saya mencoba pindahan data ke Harddisk ketiga yang nanti akan saya bahas. Akhirnya kemarin setelah benar-benar sudah saya backup semua datanya, harddisk ini dengan sukses saya format ulang 🙂

Harddisk ketiga saya beli di awal tahun 2014 kemarin, alasannya adalah harddisk kedua saya yang sudah hampir tidak bisa menampung data film dan foto saya dengan kapasitas harddisk yang hanya setengah terra. Merk yang sama dengan tambahan tipenya canvio, harddisk berkapasitas 1T ini saya dedikasikan hanya untuk menampung data film dan manga saja 🙂

Sedangkan untuk data foto-foto saya serahkan penyimpananannya di harddisk keempat yang belum lama saya beli bulan Maret kemarin. Kali ini merknya beda, yaitu My Passport WD berkapasitas 1T. Setengah harian kemarin saya sibuk memberi index pada folder-folder foto yang saya ambil sepanjang tahun 2013, waktu pertama kali saya membeli kamera DSLR tersebut. Alhamdulillah, dua tahunan ini sudah banyak koleksi foto-foto yang sama ambil sepanjang tour of duty dari berbagai provinsi di Indonesia 🙂

Rencananya saya mau membuat seluruh catatan perjalanan dari foto-foto tersebut, semoga bisa memprioritaskan waktu untuk menuliskannya. Karena proyek season ini resmi dimulai hari ini 🙂

Gambar diambil disini: http://www.kaztechsolutions.co.uk/wp-content/uploads/2015/01/datacenter_triinti.jpg

Leave a Reply

