Dua Kata

Jika anda tak dapat menjelaskannya secara sederhana, maka anda belum memahaminya dengan baik. 

– Albert Einstein

be-more-with-less

Dalam setiap kesempatan menulis di blog akhir-akhir ini, saya selalu mengupayakan judul yang hanya terdiri dari dua kata. Kenapa dua kata? karena saya ingin menantang diri saya sendiri untuk terbiasa menjelaskan dengan sederhana. Seperti yang pernah diucapkan Einstein dari pembuka blog ini.

Sederhana dalam artian menggunakan sesedikit kata, tapi dengan tujuan semaksimal mungkin, paham yang ingin disampaikan jelas. Pada permulaannya sudah bisa dipastikan ini cukup sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Lagipula, ini seperti melatih pikiran kita untuk lebih efektif dan efisien. Mereduksi kata-kata yang tidak perlu. Mengeliminasi keterangan-keterangan yang tidak dibutuhkan.

Bahkan, karena tantangan sendiri ini saya sampai tidak tahu harus menulis apa beberapa hari kemarin. Dikarenakan, merasa kurang sana-sini ketika mencoba membatasi penggunaan jumlah kata. “Apakah nanti yang membacanya akan mengerti?”, “Adakah yang akan memahaminya?”, dan yang lebih ekstrem “Adakah yang mau membacanya?”

Satu tantangan lagi, saya mencoba meminimalkan penggunaan kosakata asing. Dalam artian saya mencoba melokalkan semua penggunaan kata yang saya gunakan. Jujur, berat rasanya, terkadang seperti tidak bisa menemukan garpu untuk makan mie. Kata yang sepertinya kurang pas untuk dipakai di sebuah kalimat atau ucapan.

Lalu, baru siang tadi saya sebetulnya mempunyai rencana untuk membuat judul tulisan di blog, yang dalam bahasa asingnya adalah online tools. Saya coba terjemahkan menjadi perangkat daring. Karena tidak yakin dengan arti kata daring, saya coba cari di KBBI versi web, saya ketikan kolom pencari dan yang tidak disangka-sangka tidak ada hasil deskripsi yang didapat. Tapi yang lucunya adalah judul dari KBBI yang tertera adalah KBBI online/daring. Disitulah kadang saya merasa bingung.

Gambar diambil dari sini: http://vidyasury.com/wp-content/uploads/2014/08/be-more-with-less.jpg.

2 responses to “Dua Kata

Leave a Reply

