Merespon Perubahan

IMG_8978

Mengakhiri hari dengan menulis di blog menjadi sebuah aktivitas yang begitu saya nikmati beberapa malam belakangan ini. Setelah seharian berkutat dengan proposal yang harus diselesaikan, melanjutkan kembali langkah-langkah menularkan MOOC, dan serpihan-serpihan lain yang harus dibereskan.

Tentang hasil tentu bukan ranah kita mengurusi, urusan kita hanya mengusahakannya. Hanya saja kita perlu mengusahakan dengan usaha terbaik dari waktu terbaik pula. Bukan dengan niat maju mundur, bukan dengan waktu sisa-sisa.

Terkadang, kita hanya perlu menjelaskan sesuatu yang kita anggap penting ke orang lain. Karena nyatanya, tak sedikit yang memang benar-benar tidak tahu atas apa-apa yang kita anggap orang lain seharusnya tahu. Dan begitu kita mampu menjelaskan dengan cara yang sederhana, voila, orang lain tertarik dan menaruh minat yang sama pada ketertarikan akan sesuatu yang kita tawarkan.

Meskipun ada juga yang menanggapinya dengan tidak menanggapi. Tapi, justru disitu seni persuasi kita ditantang, agar kelak kita mampu memenangkan perang dari pertempuran-pertempuran yang kita usahakan. Dari hal ini juga, kemampuan kita merespon perubahan diuji, tentang bagaimana kita berimprovisasi, dan tentunya bersikap tenang dalam berbagai situasi. Semua pasti bisa diatasi.

Merespon perubahan atas dunia yang bergerak lincah adalah pekerjaan yang mudah mudah susah. See, tentunya lebih banyak pada kemudahannya. Asal saja kita mau juga menambah khazanah diri. Meningkatkan kapasitas dan mengisinya dengan bacaan yang akan mempertajam cara berpikir kita. Lalu, kita akan otomatis mampu merespon perubahan yang hadir di sekeliling kita.

Bahkan, kembali kepada sebuah kesederhanaan menjadi sebuah pilihan yang telah terbukti sukses pada banyak hal. Sebuah teori simplicity yang didengungkan dan diterapkan pada berbagai rupa. Satu lagi yang terpenting, entah seberapa cepatnya dunia bergerak, manusia manapun selalu sama, selalu ingin diperlukan baik. Maka perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan. Selamat malam 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s