Terra Incognita

Sekarang kita hidup di zaman super cepat. Dalam satu menit, ketika saya tengah menuliskan paragraf ini, ketika kamu membaca awal paragraf ini. Sudah banyak sekali peristiwa yang terjadi. Termasuk jutaan tulisan baru yang tengah ditulis pada waktu bersamaan dengan akhir paragraf ini selesai.

Setidaknya peran jutaan manusia baru yang hadir dalam populasi turut memegang peran dominan dalam percepatan ini. Manusia yang menghadirkan teknologi, manusia yang memperbaiki apa-apa yang kurang tepat, manusia yang mengoptimalisasi apa-apa yang masih lamban. Kolaborasi massal dan masif.

Dari satu penemuan ke penemuan lainnya, menjadi kolaborasi estafet dari masa ke masa. Setiap hari jutaan hal baru ditemukan. Setiap hari ribuan hal baru diperbaiki. Setiap hari ratusan hal dioptimalisasi. Hingga tersisa hari dimana sulit sekali mencari sesuatu yang original. Something new. Dan inilah tantangan menemukan kawasan baru atau terra incognita dimulai.

Menemukan hal yang baru di masa-masa seperti ini menjadi semakin sulit. Sepertinya hampir semua hal sudah ditemukan. Menemukan telah bergeser menjadi makna baru dari menggabungkan, menambah, mengurangi, atau menyusun ulang dengan cara yang berbeda. Tapi bahan dasar yang orisinal itu sesuatu yang sama.

Tidak semua penemuan itu benar-benar bermanfaat secara utuh. Hampir saja efek sampingnya alih-alih adalah sebuah bencana. Penemuan yang menghadirkan penemuan untuk memperbaikinya. Tentu saja kita tidak benar-benar mengharapkan penemuan yang bersifat destruktif.

Tapi yang terjadi akhir-akhir, cepat dan pasti, efek sampingnya begitu terasa pada cuaca yang kian tak menentu, suhu udara yang tampak begitu membuat gerah, dan akan panjang jika harus diuraikan satu-satu mengingat kita hanya mampu mengurai masalah tanpa solusi.

Apakah kita benar-benar hampir telah mencapai puncak peradaban daya pikir manusia?

Jika ya, itu cukup menakutkan. Jika tidak, itu juga hampir sama menakutkannya.

pict. credit: http://www.norris160.org/sites/default/files/department/images/explore_0.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s