Jika Tidak Sedang Naik, Pasti Sedang Turun

487640_4029549492986_1027529914_n

2 Years Ago, In Mt. Rinjani

Hidup ini tidak pernah datar, life is never flat. Kondisi yang kita jalani, jika tidak membawa kita ke atas, artinya kita sedang turun ke bawah. Lalu ada dimana posisi kita sekarang ini?

Lalu, apa yang menjadi indikasi kita sedang menanjak, bukannya justru menurun. Apakah kondisi menanjak itu selalu akrab pada ketidaknyamanan dari apa yang kita jalani sehari-hari?

Setiap hari kita selalu bertanya-tanya, pada apa yang tengah kita kerjakan, apa capaian-capaian tujuan kita, serta berbagai bentuk pertanyaan-pertanyaan yang tak pernah bosan kita ajukan kepada diri kita sendiri. Pertanyaan yang kadang bisa terjawab, tapi tak sedikit yang justru semakin kabur dan hilang. Lalu kita berhenti lagi pada persimpangan hidup lainnya.

Pada pertengahan atau penghujung tahun, kerap kali kita tersesat pada rencana-rencana yang telah hilang arah tujuannya. Meraba sisa-sisa coretan usang bertuliskan: Ini Tujuanku. Ini Mimpiku. Secepat dulu kita berkeinginan, secepat itu pula semangat yang mengirinya lenyap. Tak berbekas. Ingin yang masih ada, tapi hanya sebuah angan.

Maka cepatlah bangkit wahai diri. Angkat selimutmu. Bacalah, jika kamu termasuk orang-orang yang berpikir. Bertebaranlah di muka bumi yang berkahnya datang dari langit dan bumi. Karena, Tuhanmu bersumpah atas waktu. Bahwa kamu termasuk orang yang merugi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s