Masa Depan Milik Digital

Not-Working-From-Home

Sudah dua malam ini saya tidur cepat, jam 9 sudah tidur. Ini dikarenakan pekerjaan yang biasanya saya cukup kerjakan di rumah tidak bisa saya lakukan. Karena harus cari dan copy data di Litbang Perhubungan, dan datanya berbentuk fisik. Mau tidak mau harus datang kesana. Lalu, ada presentasi Laporan Pendahuluan untuk studi revisi KM Perhubungan tentang Angkutan Penyeberangan di ASDP Perhubungan. Ini juga dituntut kehadiran fisik. Mau tidak mau harus datang. Efeknya jadi menguras energi untuk mondar-mandir kesana kemari. Karena menguras energi dari yg biasanya, konsekuensinya waktu tidur harus lebih panjang 😦  .

Untungnya acara jalan keluar ini jarang dilakukan, sebulan bisa dihitung pakai jari. Sisanya semua bisa dilakukan di rumah, baik untuk menyusun laporan ataupun presentasi. Mencari data ataupun referensi seperti itu. Sedang, koordinasi lebih sering dilakukan via WA atau BBM jadinya benar-benar meminimalisir mobilisasi fisik dan memaksimalkan mobilisasi data digital.

Bayangan masa depan dengan minimnya pergerakan harusnya sudah begitu jelas dan nyata. Dimana semua hal dapat bisa kita lakukan dari rumah, di depan laptop. Sayangnya, kondisi saat ini kok rasa-rasanya masih jauh 😦 . Jalanan masih saja macet, waktu kita banyak yang terbuang. Banyak hal-hal yang tidak menjadikan kita produktif. Ya seperti yang saya lakukan dua hari ini, 4 jam kurang lebih saya habiskan di jalan. Biasanya saya bisa blogging, baca buku — atau manga, atau nonton film serial :p — ataupun sedang menyusun laporan dan lain-lain. Tapi malah saya habiskan di jalan, ditambah lagi begitu pulang sudah capek 😦 yang biasanya saya bisa habiskan tegur sapa di social media, menyambung silaturahim.

Jadi, PR kita tentang masa depan masih banyak bukan? πŸ™‚

Leave a Reply

