Menulis; Yang Memang Kita Butuhkan

205865_192416140900388_1635522946_n

Kita butuh menulis. Untuk mampu paham. Paham atas apa yang kita baca. Paham atas apa yang kita telah kerjakan, bahkan pada apa yang sedang dan apa yang akan kita kerjakan. Menulis memudahkan kita untuk menata apa2 yg terserak. Memudahkan kita menginventarisasi apa2 yang telah kita ketahui, apa yg belum kita ketahui, atau mungkin menyadarkan kita; bahwa kita tidak benar2 telah tahu apa2.

Tapi, bukankah kesibukan selalu menjadi alasan utama diri untuk menulis? (Jika malas kurang tepat untuk mengganti kata sibuk pada pertanyaan ini) Jika kita mampu memaui bahwa menulis seperti kebutuhan primer selayaknya makan, berpakaian dan bertempat tinggal — atau mungkin juga berselancar di dunia maya. Maka selayaknya lapar jika tidak makan, malu jika tidak berpakaian dan kedinginan pun kepanasan jika tidak bertempat tinggal. Tidak menulis dalam sehari akan membuat kita berpikir dua kali sebelum tidur jika belum menetaskan tulisan sebelum penghujung hari berakhir.

Ada eksplorasi dalam setiap tulisan yang kita tulis. Proses ‘mencari’ dalam diri, atas pertanyaan yg timbul dari diri akan mampu dijawab sendiri oleh diri itu sendiri. Itulah keseruan berproses dalam eksplorasi diri melalui menulis. Seakan-akan kita dihadapkan pada dialog langsung diri dengan diri dan tulisan hadir sebagai wujud terbaik komunikas2 yg dihasilkan.

Sekarang pukul 11:45 PM di layar laptopku. Tulisan ini menjadi pengingatku atas komitmen One Day One Post yg telah kuikrarkan di awal tahun. Jika ikrar ini tidak tuntas, berarti resolusi ini akan menjadi resolusi tahun yg selanjutnya. Karena harus melengkapi tahun sebelumnya, tahun depan harus menjadi One Day Two Posts, Inilah efek dari menunda šŸ˜‰

Advertisements

One response to “Menulis; Yang Memang Kita Butuhkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s