Pause If You Must, But Don’t Stop

578pauseifumustbut

Sepertinya kita semua sepakat. Dalam beberapa hal, kita perlu rehat. Istirahat sejenak. Sebuah momen berhenti bergerak, lalu bertanya kembali kepada diri, “Apa tujuanmu?” Kemudian tiba-tiba saja kita sadar bahwa mungkin kita sudah lupa apa atau kemana tujuan kita. Maka momen ini akhirnya mampu menjadi pengingat.

Tapi, tentu saja kita harus tahu seberapa lama kita rehat. Terbuai oleh rehat, tiba-tiba saja kita justru lupa untuk tidak melanjutkan lagi sebuah pencapaian tujuan yg sedang kita kerjakan. Maka rehat bukan lagi menjadi sebuah pengingat, tapi mudharat.

Kemudian pada lain kesempatan, sejenak rehat dapat menjadikan diri seribu kali lebih kuat. Rehat ditengah sunyi, mengevaluasi diri, “Mengapa begitu mudah diri disalahpahami?” Seakan-akan seribu orang menjauhi pun enggan untuk mengerti. Tapi ternyata, dalam sunyi, dialog diri dengan hati kini justru begitu jelas, tak ada sembunyi-sembunyi. Pembicaraannya penuh arti, penuh keterusterangan, dan membuncahkan semangat bahwa Allah memodetarori dialog dalam diri.

Niat dan usaha saja tidak akan pernah cukup di mata manusia. Tapi siapalah kita dapat menilai niat hati tiap-tiap manusia?  Dan biar Allah dan RasulNya saja yang menilai. Kita cukupkan pada keoptimalan dan keikhlasan niat serta apa yg kita perbuat. Seperti sebuah petuah mahsyur yang tak asing kita dengar: Siapa yg menebar, dia yang menuai. Lalu apa lagi yang kita risaukan?

Berhentilah sejenak, tapi jangan berhenti. Karena kekalahan bukan pada hasil, tapi siapa yg justru berhenti dari keberlanjutan kerjanya.

Advertisements

3 responses to “Pause If You Must, But Don’t Stop

  1. assalamualaikum kak dedi, salam kenal…saya ijin print tagline “pause if you must.but don’t stop” di sovenir utk responden saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s