Kekonyolan Dua Bule di Cool! Hokkaido

Beberapa hari yg lalu saya perhatikan di menu tv, ada saluran baru yg ‘nyempil’ dan baru akan tayang perdana tgl 22 Februari. Membaca status teman jg tentang channel yg bernama Wakuwaku Japan ini, maka saya tontonlah salah satu program acaranya kemarin sore sekitar jam setengah 6. Judul program acaranya Cool! Hokkaido.

Nah, begitu acaranya dimulai sudah ada dua pembawa acara bule. Iya bule asli, yg satu bule Inggris dan satunya lagi bule Italia. Lucunya adalah, bahasa Jepang mereka fasih! Fasih sekali kalau saya bilang. Logat bicara ditambah kekonyolan becandaan mereka yg membuat saya dan adik saya betah tidak beranjak selama 30 menit acara ini dan yang serunya lagi mereka mengajak touring kota Sapporo dengan berjalan kaki dari ‘wahana’ kincir di dalam gedung, sejumlah  toko2 yg tak kalah unik, kotak minuman biasa yg jadi ikut ‘unik’ dan fasilitas pejalan kaki yg mendukung orang tuna netra untuk berjalan sepanjang jalan kota.

This slideshow requires JavaScript.

Di tikungan gang pertama touring berjalan kaki ini mereka menemukan sebuah gedung yg dari awal mereka dan saya sangka adalah wahana kincir di dalam gedung. Sangkaan kita kurang tepat. Ternyata itu bukan wahana kincir, melainkan sebuah tempat parkir yg dibuat sistem berputar seperti kincir! “Ini tidak akan kita temukan di negara kita”, kata bule yg berasal dari Italia sambil tertawa, disetujui juga denga bule yang satunya.

Jalan2 ini kemudian berlanjut dari ke sebuah toko obat pencahar, dimana poster tokonya kurang lebih bermaksudkan menanyakan kualitas pup kita hari ini. Kami dibuat tertawa oleh jalan2 sederhana ini. Mereka pun memasuki toko ini dengan modal dua pertanyaan yg lagi2 konyol kepada pemiliknya, yg satu bertanya: ” Apakah obat disini bisa menyembuhkan penyakit orang Italia yg sering merayu perempuan?” dan disambut dengan serius oleh sang pemilik toko “Sepertinya kami tidak ada obat yg seperti itu”. Apakah memang orang2 Jepang seserius itu ya? pikir saya 😀

Kemudian memasuki toko komik yg menyediakan seluruh komik lengkap seluruh volume dantoko cosplay untuk berubah menjadi karakter anime. Fasilitas di jalanpun tak luput mereka ‘rusuhkan’. Ada di sebuah pojok jalan, berjejer mesin2 minuman, mereka menjelaskan kalau mesin ini menjual berbagai macam jenis makanan dan minuman. Biasanya jenis makanan atau minuman di dalam mesin mengikuti musim yg ada. Berhubung sekarang musim dingin, yg dijual adalah segala sesuatu yg bersifat hangat. Sang bule Italia memasukan sejumlah koin untuk mengambil bahkan sesuatu yg dia belum tahu, yg ternyata adalah pasta kacang. Sekaleng pasta kacang yg hangat yg kedua bule ini rebutkan untuk menghangatkan diri mereka.

source: Wikimedia

source: Wikimedia

Tanpa jeda iklan, Cool! Hokkaido ini benar2 menunjukkan detil2 pengalaman “keren” berjalan kaki di Sapporo dari sudut pandang orang2 asing seperti kedua teman bule kita ini. Lalu, mereka menemukan sebuah warung makan spaghetti, tak pikir panjang lalu mereka masuk dan memesan. Si bule Italia bilang, ada perbedaan dari cara memasak spaghetti disini yaitu digoreng! Iya, setelah direbus pasta berbentuk mie ini digoreng dan disajikan ke pengunjung. Ternyata setelah usut punya usut, ini karena jam istirahat kantor di kota ini yg cuma sebentar . Cuma 30 menit sodara2! Kemudian, si bule Italia ini mengerti dengan mengatakan  “Di negara saya, istirahatnya 3 jam dan sepertinya kami tidak terlalu bekerja keras”, diiringi gelak tawa dari teman bule yg satunya lagi.

Kekonyolan dilanjutkan dengan kelakuan dengan nada serius si bule dari Inggris dengan berkata “Sepertinya di negara spaghettiku dijual dalam kaleng”, yg langsung dijawab nada sedih dan kaget “Kau apakan budayaku?”

Itulah sekelumit kekonyolan mereka dalam acara Cool!Hokkaido. Tak sabar ingin menonton acara ini pekan depan (apakah cuma sekali sepekan ya?). Saya belum tahu jadwal acara saluran ‘nyempil’ baru ini. Semoga saya bisa ulas lagi acara2 jalan seru di Jepang ini 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s