Sederhana dan Konsisten

place-time

Tidak terasa bukan? sekarang kita memasuki pertengahan Februari. Masih tersisakah semangat awal Januari yang kemarin begitu menggebu dan meriah? Sayangnya semangat ini semakin surut bersamaan banjir yg wara-wiri. Sederhana itu kunci macam-macam hal. Sederhana dalam keseharian dapat menenangkan jiwa, sayangnya lingkungan terkadang tidak mendukung. Tapi bukan berarti kita tidak bisa mencoba, bukan?

Sederhana adalah menginginkan apa yang kita butuhkan. Bukan membutuhkan apa yang kita inginkan, ini tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu sabar dan syukur menjadi pesan berulang agar dapat terngiang. Sederhanapun butuh konsisten, konsisten untuk bersederhana bukan perkara sehari dua hari. Ini latihan panjang dan berulang.

Konsistensi pada akhirnya akan melahirkan bersiteguh. Pendirian yg mantap, prinsip yg kuat. Dengan keduanya, pendirian dan prinsip. Gelombang kompleksitas sebesar apapun yg menerjang, tak akan mudah menggoyahkan kesederhanaan tanpa bimbang.

Meskipun, kita harus terus-menerus sadar bahwa kita mudah dan cepat lupa. Sebab perangkat lupa ini membantu kita memaafkan, membantu kita menenangkan, membantu kita melunturkan kekecewaan. Sayangnya, juga perangkat ini jg tidak pilih-pilih apa saja yg hendak dilupakan. Termasuk konsisten bersederhana atau sederhana dalam konsistensi. Mungkin untuk itulah kita diperintahakan untuk nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Bagaimanapun juga sederhana dan konsistensi butuh kesabaran. Dan kesabaran butuh terus-menerus dinasehati dalam sabar.

Advertisements

One response to “Sederhana dan Konsisten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s