Value Awareness

1076

Kesadaran nilailah yang pada akhirnya menjadi pembeda satu dengan lainnya. Bagaimana tidak? seseorang yang memahami pentingnya waktu, tentu tiada membiarkan diri tenggelam dalam waktu luang kesia-siaan. Bagaimana tidak? komunitas pun kelompok yang memahami pentingnya merespon, tentu tiada diam melihat pentingnya partisipasi diri dalam pengambilan keputusan. Bagaimana tidak? sebuah negara yang memahami pentingnya pengelolaan yang baik, tentu tiada diam melihat sebungkus sampah tergeletak di pinggir selokan. Bagaimana tidak? sebuah ummat terbaik yang memahami pentingnya tujuan penciptaannya, tentu tiada berkepanjangan dalam sedih dan takut dalam hatinya.

Duh, jangan-jangan akupun hanya mampu bertutur kata. Sampai lupa termasuk dalam kata-kata yang kusebut. Maka aku hanya mampu berdoa memohon petunjuk ke jalan yang lurus. Tentu saja bukan hanya doa yang teriring, melainkan ikhtiar memenuhi syarat kebertakwaan agar diri ini pantas, agar diri ini lekas berhimpun dalam hamba-hamba terbaikNya.

Apalagi harapan yang harus kuingini? selain menjadi bagian dari orang-orang yang menang dan beruntung dalam versiNya. Tapi tentu tidak semudah itu, kan? jalan yang mendaki lagi sukar bukankah harus dilalui? Menapaki Rinjani saja, mentalku tergoyah setiap sepuluh langkah. Maka sudah barang tentu nasihat sabar dan solat, bekal terbaik untuk pendakian terbesar sepanjang sejarah kehidupan ini.

Pada akhirnya, kesadaran akan nilai ini yang menuntunku untuk mau tahu kenapa Dia bersumpah atas waktu. Kesadaran atas kewajiban membalas salam atas sunahnya memberi salam, memberi senyum, karena diam tak selamanya emas. Kesadaran atas peran khalifah yang diembani amanat pengelolaan. Kesadaran atas kita inilah ummat yang terbaik dari akumulasi yang mengkulminasi. Insyaallah.

Advertisements

2 responses to “Value Awareness

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s