Without A Goal You Can’t Score

goal

Tanpa tujuan, kita tidak dapat menilai. Pagi ini saya sudah dapat satu tema yang sama dari dua blog yang berbeda. Blog yang pertama mengutamakan manajemen sebagai tool penting dalam konsistensi menjalankan rencana guna mencapai tujuan kita.Oleh karena itu dikatakan manajemen yang baik selalu diawali dengan rencana, sesederhana apapun bentuknya. Sebab tanpa adanya perencanaan, ketika usaha yang sudah kita lakukan selesai, kita tidak pernah tahu apakah usaha kita tersebut itu sudah baik dan benar (tepat) atau belum.

Lalu bagaimana jika kita terlambat merencanakan? Masih dari blog pertama yang saya baca, cara yang lainnya adalah melakukan benchmarking. Apa yang sudah kita lakukan dibandingkan dengan obyek atau orang lain. Kalau menurut saya, hal ini tentunya tidak akan memberikan gambaran seutuhnya atas usaha yang kita lakukan. Misalnya saja usaha berhemat, tentu saja cash flow kita pasti berbeda dengan orang lain, gaya konsumsi kita pun sudah berbeda. Jadi akan lebih baik jika kelak, kita sudah mampu membuat perencanaan di awal dalam setiap usaha kita.

Blog yang kedua memberikan gambar berisi quote seperti judul postingan blog pagi ini, yaitu tanpa tujuan kita tidak dapat menilai. Saya seperti tertohok dari kedua postingan blog pagi ini. Rasa-rasanya saya harus punya porsi penting dalam menyusun perencanaan dalam berbagai aspek kehidupan yang saya jalani. Seimbang antara merencanakan dan melakukan. Melakukan apa yang kita rencanakan dan merencanakan apa yang kita lakukan.

Advertisements

One response to “Without A Goal You Can’t Score

  1. Pingback: Ahlan Wa Sahlan Maret: Sebuah Evaluasi | dediwiyanto·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s