Let The Learning 2.0 Begin

Akhirnya kelas The Power of Macroeconomics: Economic Principles in the Real World oleh Dr. Peter Navarro dimulai. Meski sempat terlambat karena urusan teknis web-nya (dari update-an email staff course ini), samasekali tidak mengurangi antusias untuk belajar mengenai ekonomi makro yang diajarkan Mr. Navarro dari jarak sejauh  13.967,77 km (di belahan lain bumi, dari tempat saya tinggal).

california

Gambar 1 Penarikan Garis Khayal Pengukuran Jarak Jakarta-California

Era pembelajaran kini telah berubah secara drastis baik jarak, biaya, dan komunikasi. Semua hal tersebun bukan menjadi halangan sesungguhnya, batasannya hanya langit dan kemauan. Konsep belajar seperti ini disebut MOOC yang merupakan singkatan dari Massive Open Online Course, merupakan konsep cara belajar dengan konektivitas melalui jejaring maya sebagai sarananya. Modal alatnya ada dua, laptop dan koneksi internet.

Menarik sungguh. Internet telah mengubah banyak hal, memungkinkan kolaborasi dalam arti yang sebenarnya melalui peer to peer ( teknologi sharing (pemakaian bersama)). Mengkoneksikan setiap orang dimanapun dia dengan orang lainnya di belahan bumi lainnya, menciptakan ruang kerja virtual baru yang memungkinnya semua bisa dilakukan hanya di depan layar. Memungkinkan kita untuk mampu mandiri dalam melakukan segala hal, mengerjakan laporan, menyusun anggaran melalui situs keuangan online yang mampu meng-alert kita apabila pengeluaran telah melebihi rencana anggaran, menyusun jadwal di kalender online yang dapat me-remind kita sehari sampai beberapa jam sebelumnya, berkomunikasi secara visual melalui webcam dan audio melalui headphone dan tidak berlebihan juga jika suatu saat nanti mendapat gelar akademis secara online menjadi suatu hal yang biasa saja.

Malah, kalau boleh berterus terang, fasilitas belajar melalui MOOC lebih powerful ketimbang belajar  konvensional yang saya ikuti (kecuali, mungkin pada kelas praktikum). Bagaimana tidak, pada tampilan homepage setiap course-nya saja kita sudah disuguhkan fasilitas lengkap yang hanya tinggal di-klik saja. Semuanya telah diintegrasikan dengan apik.

Gambar 2 Screenshot Course: All in One

Gambar 2 Screenshot Course: All in One (Top)

Pada halaman pertamanya  kita akan disambut melalui annoucements board-nya.  Kita akan selalu mendapat update-an setiap ada pengumuman materi, diskusi, link2 terkait bahkan sekedar ucapan hari libur atau selamat bersenang-senang (untuk belajar). Lalu di bawahnya (pada sidebar sebelah kiri) ada bagian ‘about the course’ nya yang terdiri dari silabus pelajaran dan juga informasi penilaiannya. Serta dibawahnya lagi ada bagian ‘weekly assignmenet’ yang mengarahkan kita pada penugasan dari course ini. Sedangkan di sidebar kan bagian atas terdapat informasi deadline tugas, kuis, ataupun ujian. Serta tautan cepat ke materi pembelajarannya. Oiya, jadwalnya juga bisa didownload dan diintegrasikan dengan google kalender (google) atau ical (apple), jadi kita bisa melihat seluruh jadwal kapan materi baru muncul, softdeadline, harddeadline, dan juga ujiannnya.

part 2

Gambar 3 Screenshot Course: All in One (Bottom)

Nah, kalau dibagian agak ke bawahnya dari sidebar kiri ada bagian course content dari inti course pembelajaran ini yang terdiri dari video materi (biasanya meliput juga, slideshow, pdf, handout jika memang disediakan), kuis serta forum diskusi dengan pengajar, staf dan juga seluruh pelajar di course ini. Dan bagian yang terakhir kita bisa mengadakan meet-up atau pertemuan langsung dengan teman-teman yang berada di kelas yang sama yang tinggalnya tidak jauh dari lingkungan sekitar rumah kita tinggal. Tinggal buat event invitation atau attending saja event yang tersedia. Sedangkan untuk di sebelah kanan bawah sidebar ada update-an untuk diskusi terbaru yang barus saja dibicarakan terkait dengan course ini. Demikian dulu informasi terkait learning 2.0. Meskipun tiap MOOC di berbagai web berbeda tapi kurang lebih fasilitasnya seperti ini. Bahkan untuk course di satu situs saja bisa beda-beda tergantung dengan pengajar dan staf dari course tersebut. Semoga bermanfaat 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s