Lifelogging

vintage-social-networking

Rencananya saya mau menulis postingan berjudul lifelogging ini kemarin. Sepertinya tidak terwujud, padahal kalau mengingat misi saya adalah One Day One Post, seharusnya kemarin itu sudah harus ada postingan. Jadi kompensasinya adalah saya harus menerbitkan dua postingan hari ini. Mengenai mempertahankan komitmen menulis itu gampang-gampang susah, banyak gampangnya malah kalau melihat kemudahan akses media seperti sekarang ini.

Kemudahan-kemudahan diantaranya adalah kita begitu cepat mendapat berbagai referensi bacaan, banyak informasi yang bisa kita dapat, serta tidak adanya penghalang kita untuk terkoneksi dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun. Hanya saja kemudahan tersebut sepaket dengan kesusahannya. Semuanya perlu kita filter melalui verifikasi dan investigasi, yang tentu saja tidak bisa sebentar. Lagi-lagi waktu pencarian referensi pada era lama harus dikompensasi dengan waktu memilih dan memilah referensi.

Di era ini semua hal dapat didigitalisasikan, jika dapat digitalisasikan berarti akan mudah pula untuk dicatat seluruh kejadian menjadi sebuah log (log dalam KBBI berarti buku harian kapal), dengan pencatatan ini maka kita bisa me-log-kan seluruh aktivitas kehidupan kita. Mulai dari catatan di web: blog, pertemanan di jejaring sosial digital: facebook, rangkaian foto-foto perjalanan: flickr, video-video yang kita buat lalu di-upload: youtube. Kalau saya sendiri sering memakai fasilitas dari ngaturduit.com untuk mencatat kas keuangan saya dan juga — baru mulai tahun ini — fasiltas dari SlimTimer untuk mencata seluruh penggunaan waktu, jadi bisa dibilang seperti budgetlog dan timelog.

Kesemuanya itu menjadi aspek pencatatan kehidupan (lifelogging) yang bagi saya sendiri cukup membantu melihat apa yang sudah dilakukan selama ini, kemana saja uang saya dipakai, apa yang sudah saya tulis dan banyak lagi lainnya. Tersebab oleh itu, dengan mengevaluasi dari catatan-catatan yang telah dilakukan, kita bisa benar-benar memiliki data yang cukup memperkirakan dan merencanakan apa saja yang harus kita kerjakan kedepannya.

 

2 responses to “Lifelogging

Leave a Reply

