“Feel” Menulis dan Membaca

Sepertinya saya mulai kehilangan kembali “feel” menulis beberapa bulan ini. Saya lebih “asyik” membaca ketimbang menulis. Entah apa alasan atau penyebabnya, yang pasti saya seperti kehilangan momen untuk “asyik” menulis. Pernah juga sih, kehilangan “feel” membaca, dan ini adalah momen paling parah di saat beberapa minggu kemarin. Meskipun kehilangan “feel” menulis dan membaca ini tak lantas benar-benar membuat saya benar-benar tidak membaca dan menulis. Hanya saja yang saya baca dan tulis hanya berkisar pada Laporan Pekerjaan dan Social Media. Itu saja.

Saya hampir kehilangan minat untuk membaca sebuah buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Saya lebih tertarik pada bacaan-bacaan ringan seperti notes di jejaring sosial maupun di blog. Padahal hanya bukulah yang mampu memberi pemahaman yang mendalam pada diri saya selama ini. Melalui bukulah saya banyak bergerak dan mampu melebarkan cakrawala wawasan diri.

Menulis pun demikian, saya hanya terbatas menulis kalimat-kalimat singkat saja pada status jejaring sosial. Entah kenapa, sepertinya ada efek samping yang terjadi. Saya menjadi berpikir pendek dalam bertindak, tidak sabaran, terlalu cepat mengambil sebuah kesimpulan — yang pada akhirnya kurang tepat –, hingga prasangka-prasangka yang terlalu berlebihan.

Bahkan pada tingkat konyolnya, saya merasa sudah tahu banyak atas hal yang terjadi. Informasi begitu saja saya masukkan di kepala, seakan-akan saya mampu menyusunnya secara bebas di dalam kepala. Padahal lebih sering yang terjadi adalah, beberapa informasi akhirnya hanya menguap begitu saja, keterkaitan-keterkaitan yang saya dapatkan dari pikiran-pikiran spontan, sebegitu juga cepat raibnya tanpa pernah saya tuliskan. Akhirnya, saya merasa harus memulainya kembali dari nol.

Hmm, sepertinya  “feel” membaca sekaligus menulis ini harus terus saya pertahankan setiap harinya. Agar semua kejadian dan informasi penting tidak menguap begitu saja tanpa menjadi hikmah sebagai pembelajaran esok. Bismillah.

1089

Leave a Reply

