Komitmen: Awal Hingga Akhir

Banyak hal yang kita inginkan. Berbanding banyak hal pula yang harus kita kerjakan. Yang lucunya, sering terjadi banyak yang kita mulai tanpa sedikit yang kita akhiri 😀 . Kalau seperti ini, harus punya banyak persediaan komitmen, sebab semua hal yang kita mulai tersebut wajib sepaket dengan komitmennya.

Pada awal bulan ini saya inginnya menurunkan berat badan 8 kg. Tapi menjelang akhir bulan malah turun 1,5 kg 😦 . Ini karena porsi makan saya bertambah, tapi komitmen berolahraga justru menurun. Kemudian awal bulan ini saya ingin posting blog setiap hari. Tapi menjelang akhir bulan, lagi-lagi masih banyak bolongnya 😦 . Dan lain sebagainya..dan lain sebagainya

Kadang-kadang (seringkali) semangat kita tidak terdistribusi secara merata, penuh semangat di awal, tinggal setengahnya di pertengahan, habis di akhir. Malah, parahnya kita suka tinggalkan saja di tengah jalan, syukur-syukur kalau ingat lagi. Nanti.

Untuk itu, perlunya semangat berkelanjutan adalah dengan selalu mengingat kembali pada keinginan awal kita, motivasi terbesar yang melatarbelakangi kita untuk memulai sesuatu. Berat memang kalau sendiri, untuk itu akan lebih baik jika kita memiliki teman atau sparing partner untuk sama-sama mengerjakan hal tersebut. Karena ketika kita jenuh dan lupa, selalu ada yang mengingatkan, selalu ada punggung yang bisa kita lihat dari belakang. Tapi, alangkah baiknya lagi jika kita mampu mandiri untuk terus-menerus memperjuangkan semangat yang kita miliki guna mencapai sesuatu.

Alhamdulillah banyak aktivitas hari ini yang memenuhi target-target. Satu buku telah selesai saya baca (targetnya lima buku per bulan, dan saya baru menyelesaikan satu di bulan ini, hiks), lari 1,83 km (dari target 2 km/hari), dan posting blog ini (targetnya Post a day). Banyak lubang-lubang yang harus saya tumbal. Teringat pada sebuah kalimat, jika tidak bisa mengerjakan seluruhnya, jangan tinggalkan seluruhnya 🙂

Semangat Malam! 😀

Advertisements

5 responses to “Komitmen: Awal Hingga Akhir

  1. memang sebuah komitmen itu akan terlaksana jika kita berusaha sungguh2 menjalan kan nya dimulai dari niat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s