STNK, Google Earth dan Capoeira

STNK, Hilang dan Ar-Ruum

Pagi tadi di rumah, saya dapat telepon heboh dari Ibu.  Ibu yang sudah ada di toko dari pagi menelepon saya yang berada di rumah, menanyakan STNK. Saya dihantam pertanyaan seribu bayangan oleh Ibu, tentang keberadaan si STNK motor Ibu yang didapati tidak ada di tas atau dompet beliau. Dengan refleks saya katakan tidak tahu, maka pertanyaan seribu bayangan segera pindah level ke pertanyaan sejuta bayangan. Terakhir ingat, STNK saya letakan dekat tas atau dompet Ibu, dan saya diomeli karena awalnya disuruh memasukan STNK tersebut. Alhasil sekian jam saya membayar kompensasinya dengan mencari di pelosok rumah.

Lelah mencari, saya teringat perkataan seorang teman untuk membaca ayat ke 17 sampai 19 Surah Ar Ruum, kenapa membaca ayat ini? Karena dari catatan kecilnya ada penjelasan berikut: Ibnu Abbas ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “Barangsiapa ketika pagi membaca: subhanallahi hina…sampai pada…wakazalika tukhrajun, maka ia kan menemukan apa-apa yang hilang pada hari itu. Dan barangsiapa membacanya sore hari, akan ia menemukan apa yang hilang pada malamnya.” (HR Abu Dawud). Tidak lama sepulang saya menjemput adik, STNK-nya sudah ditemukan Ibu tidak lebih dari 4 jam ketika saya dan Ibu berlelah mencari yang dilengkapi membaca ayat tersebut.

Google Earth, Garmin dan Aceh

Menjelang sore, saya masih harus berkutat dengan GPS Garmin dan Google Earth. Kenapa harus? Karena saya harus membuat perbandingan dari data tracking dari survey yang telah dilakukan dengan ground cut eksisting pun rencana dari jalur kereta di Aceh. Awalnya tidak bisa, tapi karena keadaan memaksa, akhirnya bisa juga deh mengkombinasikan seluruh data-data tersebut untuk dilihat di Google Earth. Rumitnya di awal adalah harus install ini itu, baca itu ini, coba sana coba sini kemudian voila meminjam istilahnya Seth Godin, inilah yang disebut poke the box (mengutak-atik kotak).

Cardio, Capoeira dan Susu Jahe

Menjelang malam  intensitas kegiatan bukannya menurun, malah semakin tinggi. Target cardio malam ini adalah jogging 20 menit, hasilnya saya mampu menempuh 1,83 km lagi-lagi justru jauh dari target 2 km/hari, tentunya ini lebih baik ketimbang tidak sama sekali, khan? (mencoba mencari pembelaan diri 🙂 ). Berlanjut dengan capoeira yang sangat menyedot seluruh  energi yang tersisa dari hari ini. Bagaimana tidak, gerakan capoeira sebetulnya pelan, lamban dan smooth. Hanya saja kalau harus benar-benar sesuai teknik, dijamin otot-otot semuanya terasa panas dan nyeri. Finally, di penghujung hari ini, sembari menulis kegiatan hari ini susu jahe seharga 3000 menjadi minuman pelengkap yang tiada duanya :D. (Sampai tulisan terakhir diketik, jumlah kata yang berhasil diketik pada postingan ini tepat berjumlah 400 kata).

2 responses to “STNK, Google Earth dan Capoeira

    • Latihan cardio merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung, sekaligus meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Contoh cardio itu bisa lari, jogging (lari kecil), renang atau sepeda 😀

      Biasanya juga, semua kegiatan olahraga apapun selalu dimulai dengan cardio ini, atau bisa juga dikategorikan pemanasan 🙂

Leave a Reply

