Membaca Sistem (1) : Hal Yang Tidak Akan Pernah Sederhana

Dan, katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaan itu.” [AlQur’an At-Taubah: 105]

Entah kenapa saya suka mempelajari sistem. Sistem yang diartikan melalui KBBI Online yaitu n 1 perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Sedangkan dari Oxford Thesaurus Online dijelaskan sebagai berikut  (noun) 1 a set of things working together as parts of a mechanism or an interconnecting network dengan terjemahan bebasnya adalah gabungan beberapa komponen atau objek yang saling berkaitan.

Jika melihat sederhananya, dunia dan seisinya ini adalah sebuah sistem, dari sistem terkecil hingga sistem terbesar. Dimana setiap sistem selalu terdiri dari komponen-komponen atau elemen-eleman dimana dalam  satu sistem akan terkait dengan sistem lainnya. Mungkin bisa dikatakan, diatas sistem masih ada sistem atau pada kesempatan lain (sambil dibayangkan) sistem itu seperti gear-gear yang saling menempel-terkait, yang jika salah satunya digerakan yang lain akan ikut bergerak  ke gear selanjutnya.

151867487

Jadi untuk mudah memahami sistem, adalah mengasumsikannya sebagai mekanisme, proses. Jika mendengar Proses Input-Output rasa-rasanya sudah banyak dari kita yang tidak asing dengan istilah ini, berbagai pelajaran sedari SD hingga SMA sering menerapkan diagram sederhana ini, terutama di pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pada pengolahan data menjadi informasi, ada proses input kemudian ada pemprosesan hingga keluarlah output. Sampai muncul istilah GIGO, yang merupakan singkatan dari Gold In Gold Out atau Garbage In Garbage Out yang intinya keluaran tergantung dari masukan. Jika yang masuk bagus keluarnya akan bagus, jika yang masuk jelek keluarnya akan jelek.

Kenyataannya sistem yang terjadi di dunia nyata jauh dari konsep sederhana tersebut. Kerap terjadi Gold In Garbage Out atau Garbage In Gold Out. Ketika terjadi mekanisme dalam sistem dalam realitanya ada sesuatu yang diluar konsep yang sudah terlanjut menempel di kepala kita ini. Saking sederhananya, banyak asumsi yang dihilangkan alih-alih dimunculkan, bahwa sistem tidak sesederhana itu.

Coba saja jika kita lihat film Butterfly Effect, dimana dalam film tersebut, satu perbuatan kecil alih-alih sepele nan tak disadari yang dilakukan sang tokoh menghasilkan efek samping atau output yang luar biasa berbeda. Bahkan hingga dia berkali-kali melakukan simulasi dalam pikirannya sendiri, hasil yang diharapkannya tidak pernah baik hasilnya. Hal ini yang tidak ditanamkan dalam pengajaran kita selama ini. Kita telah benar-benar tertipu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s