#responQur’an: Berkah dari langit dan bumi

Berbicara tentang Indonesia itu nggak akan ada habisnya, Negeri dengan jumlah pulau sebanyak 17.508 ini tidak pernah kekurangan bahan untuk diekplorasi, untuk dikaji. Penduduknya yang hampir mencapai 250 juta orang ini, menjadikan negara ini menjadi negara berpenduduk terbanyak ke-empat di dunia. Sehingga, secara langsung menjadikan aspek sumber daya manusia  negeri ini memiliki potensi besar untuk berkembang secara masif pun ekspansif.

Secara kuantitas kita telah unggul, maka tantangan besar yang menanti adalah mengunggulkan kualitasnya secara efektif dan efisien. Dengan begitu, kemajuan besar pun siap diraih, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya! Sulit? Pasti! Tapi, sejatinya kesulitan hanyalah himpitan dari dua kemudahan. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” [Al Insyirah: 5-6]

IMG_1909

Namun, bagaimana memastikan agar kemudahan-kemudahan tersebut dapat menghimpit habis kesulitan kita? “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” [Al Insyirah: 7-8]. Dari sini kita mendapat dua parameter agar kemudahan-kemudahan tersebut hadir di tengah-tengah kesulitan kita, yang pertama fokus dari satu urusan ke urusan lain dan yang kedua hanya berharap kepada Allah, bukan yang lain.

Tentunya ini baru berhasil pada skala kecil jika hanya dilakukan individu atau segelintir orang saja. Jika yang kita targetkan adalah keberhasilan skala besar, maka #responQuran yang ditunaikan harus dikerjakan secara massal (bersama/jamaah) dan simultan (berbarengan). “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” [Al A’rof : 96]

IMG_0990

Jika kita mau dan mampu untuk #responQur’an dengan segera, berkah dari langit dan bumi bagi Indonesia akan dapat terwujud, kelak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s