Syukuri Apa yang Ada, Hidup Adalah Anugerah

Bersyukur adalah hal yang sederhana, hal yang mudah sebenarnya. Tapi, yang mudah dan sederhana itulah yang sering terlupa, sering enggan dilakukan. Seperti kebanyakan peristiwa tersandung lebih banyak diakibatkan oleh batu kecil, bukan oleh batu besar, iya bukan?

Syukur adalah bentuk rasa terima kasih. Ungkapan rasa terima kasih atas semua hal yang kita miliki, untuk semua hal yang terjadi pada diri. Bahkan jika kita bersyukur, justru kita akan diganjar nikmat tambahan lagi. “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. 14:7)

Mensyukuri nikmat itu seharusnya menjadi kesadaran tinggi bagi diri ini. Tapi nyatanya diri ini terlebih sering lupa, terlebih sering jumawa. Sampai pada sebuah waktu, diri ini sadar melalui bentuk kasih sayangNya berupa teguran. Teguran sekejap mata yang menyentak alih-alih menghadirkan kekosongan sepersekian detik yang terasa sungguh panjang, sungguh lamban. Sepersekian detik dari sorotan lampu depan mobil dengan benturan melamban mobil-motor. Jika bukan karena ketentuan Allah pada momen itulah, tak akan ada cerita yang bisa dibagi pada kesempatan ini. Masya Allah, Alhamdulillah.

Hanya berbuah hikmahlah segala ketetapanNya:

1. Tunaikan segera hak Allah atas diri

2. Kematian selalu dekat dengan diri, dimanapun kapanpun, jadi  sudah semestinya juga diri harus bersiap dimanapun kapanpun

3. Syukuri apa yang ada, karena hidup adalah anugerah (ditulis berdasarkan lirik lagu yang pernah dipopulerkan)

Syukur dengan lisan adalah nikmat yang besar. Manusia menanggung beban lebih besar ketika memperoleh nikmat dibanding ketika mengalami bencana. Bencana membutuhkan kesabaran, dan manusia mampu bersabar. Sedangkan kenikmatan perlu disyukuri, padahal Allah berfirman: “Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” (QS. Saba[34]:13) [Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ra.]

IMG_1164

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s