Pertengahan Tahun: Plan, Execute, and Sustain.

Di tahun 2013 ini kita telah sampai di pertengahan tahun. Sungguh, waktu sepertinya tak terasa, berjalan begitu cepat, seperti tahu-tahu saja sudah sampai di sini. Tapi seiring itu pula, banyak hal yang telah terjadi. Dari hal yang disangka-sangka sampai hal yang tidak disangka-sangka,  yang terduga hingga tak terkira.

Merasai waktu itu gampang gampang susah. Memang seperti itulah  kesusahan, hanya himpitan dua kemudahan. Dengan merasai waktu, setidak-tidaknya kita jadi harus berpikir ulang untuk mengerjakan sesuatu hal, apakah hal tersebut penting atau tidak penting, apakah hal tersebut mendesak atau tidak mendesak, setelah itu kita jadi bisa mengelompokkan prioritas dari apa-apa yang kita lakukan.

Pengelompokan kegiatan itulah yang namanya perencanaan, meski tidak semua perencanaan dapat berjalan sesuai perkiraan, tapi merencanakan tentu lebih baik bukan? Karena dengan perencanaan tersebut kita mampu mengantisipasi dan meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan, sedikit atau banyak.

Hal yang lebih penting lainnya setelah perencanaan adalah eksekusi, karena sebaik apapun perencanaan, tanpa adanya eksekusi hasilnya akan nihil, khan? Jadi lebih baik eksekusi tanpa perencanaan, dong? Bukan begitu, tapi yang lebih baik lagi adalah eksekusi dengan perencanaan, jadi hasilnya insyaallah bisa optimal, efisien dan efektif sekaligus. Aamiin.

Setelah memulai eksekusi, tantangan lainnya adalah keberlanjutan. Terus menerus mengerjakan apa yang sudah dimulai dieksekusi dari sebuah perencanaan. Rasa-rasanya kok berat ya, sulit? Pasti! Memang seperti itulah hukumnya. Siapa yang menanam dia yang menuai. Meski terkadang didapati, kita menuai dari apa yang ditanam orang lain, yang lebih dahulu ada daripada kita. Maka ada tuntutan diri untuk menanam, agar kelak penerus kita dapat menuainya. Seperti estafet, melanjutkan terus kemajuan setiap generasi, untuk memenuhi peranan diri sebagai pemimpin sebagai pemakmur. Semoga!

IMG_0844

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s