Makna Sebuah Perjalanan

TravellersID-MaknaSebuahPerjalanan-Project-18-Juni-2013-1

Jadi ceritanya, Selasa lalu, pasca saya menyampaikan sebuah presentasi di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat. Pulangnya saya langsung menuju ke bilangan Kebayoran, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Wolter Mongonsidi, One Wolter Place Building. Saya sudah berencana hadir ke tempat ini dalam rangka menghadiri sebuah acara yang diinisiasi oleh @TravellersID  berkolaborasi dengan @CommaID, @TravelingID dan @TravellerKaskus.

Acara apa yang saya hadiri ini? Adalah sebuah acara sharing dan diskusi bersama @avgustin88 (Agustinus Wibowo), @TravellerKaskus (Syukron), @Hifatlobrain (Lukman Simbah) dan @DuaRansel (Dina dan Ryan) berkenaan dengan tema yang diangkat “Makna Sebuah Perjalanan”.

Mendaratnya saya di lantai 3 gedung lokasi acara diadakan, pertama-tama saya justru terkagum dengan tempatnya yaitu @CommaID. Suasana yang begitu cozy, lapang, dan menyenangkan langsung menyergap, begitulah sensasi yang rasakan begitu memasuki ruangan berukuran dua kali lapangan futsal ini. Seakan-akan ini tempat yang sangat pas untuk menumpah-ruahkan ide-ide untuk bisa disinergykan dengan orang-orang. (virtual tour-nya bisa dilihat disini)

IMG_17961

coworking

Singkat cerita, setelah lumayan lama menunggu acara yang tak segera kunjung dimulai, saya sudah berkenalan dengan dua kawan baru bernama mas Adi dan mas Lukman. Serta berjumpa lagi dengan kawan lama yaitu mba Vita, Mo, dan Syukron yang saya kenal di Bali dulu. Obrolan ngalor ngidul dari pariwisata, infrastruktur, jalan (dalam artian harfiah) trend twitter, blog, dan travelling rasa-rasanya menjadi topik yang tak mungkin dipisahkan. Sampai tak sadar bahwa semua pembicara telah menempati kursinya masing-masing di depan kami. Dan “perjalanan” pun dimulai.

Perjalanan dari sharing dan diskusi ini mengangkat pertanyaan nan variatif, membuat jawaban dari para narasumber juga variatif dari yang filosofis sampai humoris, menegangkan hingga menakutkan, bahkan sampai pada jawaban yang mengejutkan tak dinyana. Seakan-akan kami yang terlibat pada diskusi seru yang dimulai dari pukul 19 sampai 21 ini berada di dunia yang berbeda. Dunia yang terpisah dengan dunia di luar yang sebetulnya hanya dibatasi oleh jendela-jendela kaca yang mengelilingi kami.

Bagaimana tidak? ketika para pembicara ini menceritakan pengalaman perjalanan mereka yang tidak biasa alih-alih luar biasa. Seperti Agustinus yang hampir saja meninggal di perjalanan pertamanya ke Mongolia, ketika bertemu dengan para perampok yang berfisik atlit gulat. Lukman yang penuh guyonan khasnya bersama Syukron yang menceritakan perjalanan mereka dari sisi-sis yang begitu berbeda, hingga Lukman yang pada sesi akhir acara membeberkan rencana perjalanannya untuk menyusuri tempat-tempat yang ditulis oleh Multatuli. Kemudian ada Dina dan Ryan, sepasang suami-isteri yang memutuskan menjadi nomadic yang selalu berpindah-pindah dengan hanya memanggul backpack seberat 13 kg dan 8 kg masing-masing!

DSC_0666

Berbagai kisah dan petualangan dari pengalaman perjalanan yang mereka bagikan menjadi inspirasi dan motor penggerak baru bagi saya. Sehingga bagi siapapun yang telah memaknai perjalanan yang telah, sedang dan akan dilakukannya kelak harus mengerti baik cepat atau lambat. Bahwa, perjalanan tidak melulu pada tempat yang dituju, melainkan justru pada proses perjalanan itu sendiri. Sebab, ketika kita tidak dapat belajar dan memaknai dari perjalanan yang kita tempuh, sejatinya kita malah tidak kemana-mana.

Seperti yang diujarkan juga oleh Agustinus pada “last words“-nya mengenai perjalanan, “pergi adalah untuk kembali”. Sayapun seakan langsung  bersepakat dengan “last word” tersebut. Siapapun kita, sebagai manusia kita, kita semua adalah seorang pejalan di dunia ini, yang hanya mampir sebentar dengan amanat sebagai khalifah, pemimpin pun pemakmur bumi dan seisinya. Dan jika sewaktu-waktu kita diharuskan pulang dari perjalanan kita. Perbekalanpun harus diupayakan sebaik mungkin, sehingga tidak menjadi perbekalan yang adanya apa atau apa adanya. Insyaallah, Semoga.

Gambar diambil disini dan hape pribadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s