Diskusi Menyenangkan (di) Warung Kopi

DSC_0388[1]

Sejatinya diskusi itu menyenangkan. Sebab diskusi bisa menjadi sarana masing-masing orang untuk berbagi. Berbagi melalui obrolan tentang cerita, impian ataupun ide. Karena seperti yang pernah disampaikan oleh Maslow, bahwa puncak kebutuhan seseorang adalah aktualisasi diri.

Diskusi yang menyenangkan tentu saja harus dalam kondisi seimbang. Dimana setiap orang yang melibatkan diri mampu secara aktif dan pasif berpartisipasi. Mampu memposisikan diri sebaik mungkin untuk me- dan di-; mendengar atau didengar, menyimak atau disimak, melihat atau dilihat.

Rasa-rasanya budaya diskusi yang menyenangkan perlu diseringkan sekarang-sekarang ini. Mengingat banyaknya miskomunikasi yang terjadi antara; individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, pun individu dengan kelompok. Kemudian dari miskomunikasi yang banyak  terjadi ini, tak sedikit yang berakhir pada perpecahan, perselisihan hingga pertikaian. Jadi memperbaiki cara berdiskusi rasa-rasanya masih perlu ya?

Saya sendiri paling suka berdiskusi di warung kopi. Kenapa warung kopi? Bukannya mahal dan terlalu high-class ya? Ah, tidak juga. Kenapa di warung kopi adalah karena pertama, saya suka kopi dan yang kedua karena suasananya  yang nyaman. Kalau untuk harga yang mahal, sepertinya sekarang sudah menjamur berbagai kafe dan warung kopi yang membuat harganya kompetitif. Jadi tinggal pintar-pintarnya kita saja memilih tempat yang murah meriah sesuai dengan kantong kita 😀

Sayapun kadang juga memilih warkop (waroeng kopi) yang selalu buka 24 jam dan terjangkau di berbagai tempat. Jadi tidak melulu harus ke kafe kopi yang harga kopinya bisa untuk makan 2 hari sampai kenyang kan? Hehehe.

Buat rekomendasi tempat diskusi bisa juga lihat di posting-an yang ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s