Terlupa dan Terlena

Dari membaca status teman di Facebook tadi, diingatkan dan menjadi teguran untuk saya juga atas ayat Al-Quran yang disampaikan pada ayat ke-8 surah Az-Zumar, “Dan apabila manusia ditimpa bencana, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali (taat) kepada-Nya; tetapi apabila Dia memberikan nikmat kepadanya, dia lupa (akan bencana) yang pernah dia berdoa kepada Allah sebelum itu.”

Tak dipungkiri bahwa hal ini kerap terjadi kepada setiap diri termasuk saya, sekali atau bahkan mungkin berkali-kali bahwa kita hanya pedekate dengan Allah hanya pada saat kita terdesak, takut atau galau. Setelah segala kesempitan itu hilang bin lenyap, begitu juga pedekate diri dengan Allah turut mengendur, alih-alih senyap.

Terlena. Ya sepertinya ini kata yang cukup representatif atas apa yang terjadi ketika Allah menggerakan siklus kesukaran dengan kemudahan pada garis takdir diri. Seakan-akan hanya kesukaranlah yang diberikan Allah kepada diri, padahal setiap perkara adalah milik-Nya, apapun itu. Kenyamanan pada akhirnya tak menjadikan kita lebih baik dari sarana ketidaknyamanan yang Allah hadirkan pada diri.

Keterbatasan tak selamanya membatasi, justru pada keterbatasan kita sering mendapat kelapangan dan keluasan yang tiada didapati pada tiap-tiap yang membatasi. Sebab Allah lebih tahu mana yang baik dan buruk bagi hamba-Nya. Dan tentu saja hanya hamba yang mau berpikir yang mampu memaui kehendak Allah atas dirinya.

Pada akhirnya, cepat atau lambat, mau atau tidak, pribadi maupun kolektif, akan harus tahu bahwa kesederhanaan yang dihadirkan melalui keterbatasan dijadikan Allah sebagai sarana kawah chandradimuka untuk menghadirkan insan-insan yang kuat namun santun, besar namun bersahaja, cerdas namun memaui terus menjadi seorang pembelajar.

Advertisements

2 responses to “Terlupa dan Terlena

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s