Sama-sama Belum Tahu (?)

Abdullah bin Umar ra. berkata, bahwa Nabi saw. telah bersabda, seorang muslim adalah orang yang menyebabkan orang-orang Islam (yang lain) selamat dari Lisan dan tangannya dan orang yang hijrah adalah orang yang hijrah dari apa yang telah dilarang Allah swt.” (H.R. Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa’i)

sitemap-masthead
Pada akhirnya, banyak hal yang lebih kita tidak tahu ketimbang yang kita tahu, meski terkadang kita merasa telah tahu alih-alih merasa lebih tahu. Setelah tahu pun, itu tidak pernah cukup ketika tidak mewujudkan ketahuan — yang pastinya harus terlebih dahulu kita miliki — dalam eksekusi di ranah-ranah tindak nyata.

Pada mulanya, ketika sedikit tahu kita berusaha banyak mencari agar dapat menjadi tahu, tapi setelah tahu sedikit kita malah hampir berhenti mencari karena merasa sudah cukup atau mungkin telah dan lebih tahu dari apa-apa yang sama sekali kita jauh dari tahu.

559702_499585300101675_874916628_n
Maka, merasa cukup atas ketahuan yang begitu minim, rasa-rasanya kurang tepat. Maka, diam tanpa eksekusi atas ketahuan yang cukup mumpuni, rasa-rasanya juga kurang tepat. Terus bergerak mencari tahu atas yang dirasa belum tahu lalu mengeksekusi dari tahu yang insyaallah bertambah kian hari, rasa-rasanya boleh dibilang cukup tepat.

Hanya saja, dari apa yang kita tahu. Tuntutan untuk tahu bagaimana cara memberi tahu, menjadi cara-cara yang memang harus kita tahu. Sebab, meski ada hal-hal yang sama-sama telah kita tahu, cara yang kurang berkenan — salah cara memberi tahu — dalam penyampaian menjadikan kita menjadi tidak mau tahu.

Sometimes others don't really mean to hurt you...they might just need a hug
Entah pada akhir atau mulanya. Sekedar “ingin” tidak lebih baik ketimbang “perlu” atau “butuh”. Tapi saya sendiri belum tahu, apakah hal ini juga menjadi salah satu yang harus sama-sama kita tahu, atau mungkin malah tidak perlu diberitahu ya? Hanya saja masalah lainnya — entah bisa dibilang masalah atau bukan — menyampaikan (kembali) apa yang telah sama tahu-tahu itu bagaimana caranya ya? ada yang bisa memberi tahu?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s