“Merely” Complementary

IBF kembali hadir di awal tahun ini, masih membekas jelas ingatan IBF setahun yang berlalu. Lengkap dengan perjalanan “membaca” yang menghantarkan kepada begitu banyak hal. Pemahaman atas begitu banyak hal, hal-hal yang begitu banyak menyita ruang tanya tentang diri dan tentang sekitar.

Pada akhirnya, cepat atau lambat, setiap orang harus mengerti atas peranannya. Harus mau menerima peranannya. Entah pada awalnya berat atau mudah, setiap orang harus menjalani dan menyelesaikan apa yang dimulai. Harus mau menerima konsekuensi atas pilihan-pilihan yang telah disikapi, ingat atau tidak, suka atau enggan.

Di tiap persinggungan takdir, selalu ada kesempatan berinteraksi satu dengan lainnya. Pilihan kita hanya menyikapi, menghindar bukanlah pilihan yang disediakan. Jika mungkin menghindar, rasa-rasanya itu adalah pilihan sikap, yang cepat atau lambatnya akan berkonsekuensi atas respon kelak.

IMG_2059[1]

Jika pun takdir terkesan menjadikan yang jauh mendekat, atau sebaliknya. Mungkin takdir hanya memberi kesempatan untuk terlibat atau rehat. Jika pun takdir terkesan menjadikan diri menjadi kawan atau lawan. Mungkin takdir hanya memberi kesempatan untuk menjadi akrab atau mencari sebab.

Sikap pun merupakan bagian dari hak diri ke orang lain, yang berarti kewajiban diri yang harus terpenuhi. Termasuk di dalamnya memaafkan atas kesalahan dan membalas salam pada salam yang diberi. Setelah kewajiban terpenuhi, tambahan adalah pilihannya. Apakah diri ingin mem-follow-up dengan bertegur sapa-menebar salam, memberi senyum, bertukar hadiah, merapatkan shaf dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Duh, sayangnya hidup sekarang ini terdominasi keengganan yang begitu kuat, kegengsian yang begitu melekat, hingga interaksi yang serba cepat. Banyak kedalaman interaksi yang tak terlihat alih-alih terlewat.

IMG_2105[1]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s