[Masih] Berlari Marathon: Lap 2/12, 8/54, 59/365

La yushibana illa ma kataballahu lana..Tak menimpa kita kecuali sesuatu yang telah dituliskan olehNya bagi kita..”

Alhamdulillah, penghujung Bagian Kedua dari Marathon Lintasan 365 telah sama-sama kita lewati, berbarengan juga dengan pertengahan bulan Rabiul Akhir di tahun Hijriah yang ke 1434 ini– tentunya pertengahan bulan ini jelas tampak dari panorama pagelaran bulan dan bintang di langit pada malam-malam yang tengah mempesona. Lagi, hari dan bulan yang tengah kita lewati di tahun 2013 ini. Banyak rencana yang tengah menjalani proses perwujudannya, ada yang lancar-lancar saja, tapi juga tak banyak yang harus selalu tersendat-sendat,  dan yang terpenting adalah kita sudah memulai, serta mau untuk memberlangsungkan perwujudannya.

IMG_2044[1]Apa yang kita usahakan pada masing-masing bidang, pada dasarnya adalah upaya untuk mengubah sebagai latar belakang utamanya. Apakah itu karena ketidaksesuaian ataupun sebagai upaya peningkatan, yang manapun itu bergerak mutlak diperlukan dan konsekuensi dari perubahan tersebut menuntut kesiapan kita untuk ditolak, dicibir, didukung hingga dimusuhi. Tapi yang terpenting adalah, apakah perubahan yang kita lakukan sudah benar-benar pada koridor benar dan baik? memiliki hirarki prioritas yang sesuai? serta berdampak secara luas dan banyak? Dan masing-masing hati kita, selalu memiliki ruang dan waktu untuk dimintakan fatwanya.

IMG_2055[1]

Terkadang bahkan mungkin sering, apa-apa yang kita anggap baik belum sepenuhnya berjalan berbanding lurus. Terkadang bahkan mungkin sering, apa-apa yang kita anggap tidak baik justru sepenuhnya berjalan berbanding lurus, dan meraih persepsi sukses bagi khalayak banyak. Tapi selalu percaya bahwa benar adalah benar dan buruk adalah buruk sangat layak untuk terus kita pegang teguh, meski sedikit, meski sendiri.

Tidak ada yang namanya kebetulan dari apa yang kita jalani, dari apa-apa yang kita lewati, hingga apa-apa yang harus kita temui. “La yushibana illa ma kataballahu lana..Tak menimpa kita kecuali sesuatu yang telah dituliskan olehNya bagi kita..”

Jadi kalau sepertinya kita melihat pola (pattern) yang sepertinya bertema dari apa hari-hari, minggu-minggu, hingga bulan-bulan yang tengah kita arungi. Terkesan seperti ada rancangan (design) yang mengarahkan kita pada “sesuatu”, maka memang Allah sedang menunjukkan jalan melalui tanda-tanda yang Dia hadirkan melalui sejumlah peristiwa yang terkait satu sama lainnya sampai terkadang (mungkin sering) sampai kita berucap, “ih, kok begini ya”, “eh, kok bisa ya”, “wew, inikan…”. “Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Rabb semesta alam.” (QS. At-Takwir: 29).

IMG_2051[1]

Tapi bukan berarti dengan melihat pola-pola yang mengarahkan kita pada sesuatunya, menjadikan kita langsung berpikir pendek dalam euforia yang seakan-akan menjadikan benar apa yang salah, dan menjadikan salah apa yang benar. Kita kan punya teman, punya guru, punya buku dan punya hati. Yang kita bisa kita tanya, yang bisa tiru, yang bisa kita baca dan kita mintai fatwa. Dan selalu menjadikan Allah dan Rasulnya sebagai rujukan utama atas kebingungan yang senantiasa hadir dari peristiwa-peristiwa tentunya adalah prioritas utama. Al-Quran dan Hadis hadir sebagai keterbatasan manusia untuk berkomunikasi langsung dengan Allah, dan kalau kedua referensi ini saja enggan dan jarang kita temui, bagaimana mungkin kita memaui apa yang dimaui Allah?

Selalu berharap dan takut pada kesempatan-kesempatan yang hadir pada hari-hari kita adalah sikap yang harus terus kelak, agar kelak dapat selalu menjadi insan yang mumpuni dan berani, serta berendah hati sekaligus. Insya Allah. Mari kita memulai hari di awal bulan yang baru ini. Jumu’ah Mubarakah every one! 🙂

IMG_2060[1]

————————————————————————————————————————-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s