Menjadi Irisan Yang Berkesan

Dalam aktivitas kita dalam keseharian, pastinya kita menjalani begitu banyak variasi aktivitas, pun terlibat dalam banyaknya organisasi atau komunitas, alih-alih terlibat sejumlah sarana berkarya yang rasa-rasanya begitu banyak dan  hampir tak ada habis-habisnya.

Nah, dari itu semua, pada akhirnya kita menjadi irisan dari seabreknya aktivitas tersebut, terkadang  menjadi potongan besar atau potongan kecilnya. Tapi yang terpenting adalah kita menjadi irisan yang tahu kadar diri dalam berkontribusi, memberlanjutkan semangat yang harus disambung sepanjang dan selama mungkin.

Dari A kita belajar, mungkin di B kita mengajar. Dari B kita menerima, mungkin di C kita memberi. Jangan sampai hanya menjadi pribadi “di-” (dikasih, diberi, diajari dan di- yang lainnya) tapi harus juga membekali diri untuk menjadi pribadi “me-” (memberi, mengajar, mengasihi dan me- yang lainnya).

Oleh karena tiap kita adalah irisan, maka kita harus memiliki filter dan adaptasi yang baik untuk selalu bepergian dan berpindah dalam konteks ruang dan waktu sebaik-baiknya. Karena lain ladang lain belalang, lain kolam lain juga ikannya. Dan ada sebuah pesan yang penting untuk selalu diingat: “Barangsiapa yang menyibukkan dirinya dengan hal yang tidak penting, maka ia akan dibuat sulit oleh yang penting”. Sedikit tambahan: “Tidak semua yang menyenangkan itu penting, dan tidak semua yang penting itu menyenangkan.”

Menjadi irisan berarti menyadari multi-peran, multi-kerja, dan multi-pengetahuan yang harus kita  lakukan di berbagai tempat, membersamai beragam orang dan menghadapi pada bermacam situasi. Memahamkan diri pada esensi kelompok melalui sejarah komunitas, mendayagunakan potensi melalui pendekatan geografi kebudayaan, serta berkomonikasi dengan kebahasaan yang mumpuni akan memperlancar komunikasi dalam interaksi alih-alih negoisasi. Maka ini adalah kerja dan belajar panjang yang menerus mau tidak mau harus kita jalani.

Mari berlatih dalam irisan! 😀Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s