Inside, Outside

Pergiliran itu sebuah keniscayaan, bergulir seiring waktu. Sekali lagi meminjam ungkapan hidup yang entah siapa yang mencipta dan tercipta dimana : hidup itu seperti roda, ada saat di atas, ada saat di bawah. Mungkin, sebenarnya bukan posisi dimana pada kita pada saat roda itu yang terpenting. Melainkan pada apa yang kita rasakan pada dalam diri (inside) dan apa yang kita tampilkan melalui tampilan luar (outside).

Karena pada posisi manapun kita di  roda kehidupan tersebut, menyadari diri sebagai sepenuhnya roda tersebut juga merupakan seni, seni yang tidak sebentar untuk memaui mempelajarinya. Ketika menjadi roda sepenuhnya, mendapati diri bermateri sedikit pun bukan halangan, mendapati diri berkedudukan kecil pun bukan hambatan.

Ruang, waktu dan jumlah menjadi pembeda kualitas. Banyak yang bisa kita dapati menjadi besar hanya dengan menambahkan, yang tadinya sendiri menjadi dua, tiga, empat hingga penuh, mendapat dua-puluh-tujuh bagi masing-masing. Ini adalah synergi, kolaborasi. Ketepatan waktu pun menjadi pembeda, antara yang menyegerakan dan mengulur-ngulur sebab beda aksi akan beda reaksi (sebab-akibat). Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari (Shahih Muslim No.4832). Ditambah lengkaplah dengan ruang atau tempat sebagai pembeda bagi pelaksanaannya. “Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya memuliakan jamaah sholat pada shof tedepan” (HR Ahmad, Abu Daud & Ibnu Majah).

Dimanapun kita kini, siapapun kita ini, bagaimanapun keadaan kita ini. Apa yang didalam diri (inside) haruslah dilajukan bersamaan dengan apa yang harusnya dapat kita tampilkan (outside), ketimbang berpikir lama memulai inside atau outside mana yang harus didahulukan, yang manapun lebih baik disegerakan, kemudian disusul untuk memulai kebaikan lanjutannya lengkap dengan perbaikannya. Wallahu a’lam bis shawab.

Web

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s