Jarak Tempuh 12 Hari: Inspirasi Dari Sebuah Puisi, “Mungkin?”

Mengapa?

Bukan perkara sulit bagi-Nya,
Mendekatkan yang jauh
Menjauhkan yang dekat

Bukan perkara sulit bagi-Nya,
Menyatukan yang dua
Menduakan yang satu

Bukan perkara sulit bagi-Nya
Menggabungkan yang tak kenal
Memisahkan yang akrab

Lalu mengapa kamu masih jua tak meminta kepada-Nya?
Masih menjura pada manusia?
Lalu apa bedanya kau dngan penyembah berhala?

“Dan Tuhanmu berfirman, Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu, sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (Al-Mumin : 60)

Oleh: Silmina Ulfah

Menjalani hidup ini — melalui baca berjuta aksara, menjadikan diri terinspirasi dari sebuah karya — belumlah cukup, jika hanya mencapai kagum, sekadar puas rasa. Bukankah manusia adalah makhluk berpikir? setidaknya ada hal baru yang bisa menerus dikembang, bukan justru terus merasa kurang.

Menjalani hidup ini — seperti hari-hari yang kerap kali sudah dilewati  — dengan cara biasa, berpikir biasa, dan berkata-kata seperti biasa, terlebih sering menjadikan kita tumpul makna, tumpul rasa. Mencipta suasana teramat penting di setiap masa yang sarat ceria dari kondisi dan situasi, agar hidup lebih punya cita rasa.

Menjalani hidup ini — menyambut hari-hari di depan yang siap menanti — bertemu dengan orang baru, merekam jejak bersama dengan orang lama. Yang baru menjadi lama, apakah yang lama menjadi sirna? Memberlangsungkan keterhubungan kita dengan yang baru dan lama, rasa-rasanya perlu peningkatan paham, merangkai rajutan  silaturahim.

Menjalani hidup ini — pada apa yang tidak disadari pun disadari — dengan kapasitas biasa, pemahaman biasa, dan merasa cukup saja. Sepertinya perlu dipikir lagi. Apakah diri pantas menjadi perantara, penyampai paham atas perintah Pencipta. Lagi-lagi konteks memantaskan diri, menuntut terus direpetisi, semoga saja bukan basa-basi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s