Marathon Lintasan Lari 365 Hari

Ya. Berlomba dalam kebaikan-lah yang menjadi tolak ukur kesuksesan kita pada repetisi lintasan marathon yang sudah kesekian kalinya kita jalani.”

Bersama sekitar 7 miliar manusia di daratan bumi pada tahun 2013 ini, kita akan bermarathon bersama sepanjang 365 hari ke depan. Setiap tahun pula peserta marathon panjang ini datang dan pergi silih berganti. Ada yang baru memulai dan tak banyak yang harus mengakhiri lari jarak jauhnya meski belum terlihat baginya garis finish akhir tahun pada lintasan marathon ini.

Pada lintasan lari berjarak 365 hari ini, siapa yang paling cepat bukan yang menjadi patokan pemenangnya. Sebab dapat dipastikan bahwa 7 miliar manusia akan mencatat waktu yang sama pada saat masing-masing menyentuh garis finish perlombaan lari ini. Lalu apa yang harus dipikirkan jika memang — dapat dipastikan — bahwa setiap orang akan berbarengan mencapai garis akhir marathon panjang ini?

7 Miliar Atlet Lari Marathon

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS 2: 148).

Ya. Berlomba dalam kebaikan-lah yang menjadi tolak ukur kesuksesan kita pada repetisi lintasan marathon yang sudah kesekian kalinya kita jalani, dimulai dari tahun-tahun yang lalu, tahun ini hingga ke tahun-tahun ke depannya. Dan tentu saja dalam perlombaan apapun tidak hanya akan selalu kemudahan yang akan ditemui, kan?

Berlomba-lomba Dalam Kebaikan

Sehingga sebagai atlet lari marathon  yang berlomba-lomba dalam kebaikan ini , setiap atlet lari ini diharuskan memikirkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebertahanan dirinya hingga akhir lintasan nanti. Dalam lari jarak panjang ini, bagaimana  langkah awal pada awal kompetisi menjadi faktor penting ke depannya: nutrisi yang kita asup dari makanan yang dimakan, apa yang dikenakan sebagai modal untuk berlari — semisal sepatu — memberi pengaruh kualitas dan kenyamanan berlari, hingga siapa orang-orang yang berada di samping kanan-kiri dalam mengarungi perlintasan sepanjang 365 semuanya memberi andil.

Tentu saja memaksakan ritme lari diri terhadap ritme lari orang lain hanya akan membuat pergelangan justru sakit alih-alih kram, sebab kaki-kaki setiap orang jelas-jelas berbeda mulai dari ukuran, panjang dan jumlah otot-otot pada kaki. Oleh karena itu, terus berlari dengan menghormati ritme dan keunikan cara berlari sendiri merupakan potensi yang harus terus digali dan dikembangakan.

Posisi Bertolak

Teknik berlari sprint dan marathon jauh berbeda, sebab pengaruh pada jarak tempuhnya yang jauh berbeda. Mengatur tenaga dan semangat mutlak diperlukan, membagi nafas-nafas agar memenuhi kebutuhan di track-track panjang yang harus ditempuh patut diperhitungkan. Meski begitu, marathon ini adalah kumpulan lari-lari sprint yang terbagi pada lari lintasan 12 bulan, atau lari lintasan 52 minggu.

Bersungguh-sungguh pada urusan lari-lari jarak pendek pada lintasan bulan atau minggu ini rasa-rasanya dapat menghimpun pada kesuksesan lari marathon lintasan 365 hari ke depan secara sepenuh-penuhnya: “Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain (QS 94: 7).” Sehingga hari-hari adalah jarak-jarak pendek dari minggu, minggu-minggu menjadi jarak pendek dari bulan, dan bulan-bulan menjadi jarak-jarak pendek lintasan marathon 365 hari yang insyaallah dapat kita tempuh dengan amal yang sebaik-baiknya. Aamiin.[]

——————————————————————————————————————————–

Photo Credit: (fig.1) Jason Hawkes | (fig.2) Thomas Tham | (fig.3) Xavier Cailhol

Advertisements

4 responses to “Marathon Lintasan Lari 365 Hari

  1. Pingback: Pelari-pelari Marathon | 1: Christine Ha, MasterChef US Season 3. | dediwiyanto·

  2. Pingback: Pelari-pelari Marathon | 2: Hellen Keller, The Miracle Worker. | dediwiyanto·

  3. Pingback: Lap 1/12, 4/54, 31/365 | dediwiyanto·

  4. Pingback: [Masih] Berlari Marathon: Lap 2/12, 8/54, 59/365 | dediwiyanto·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s