“The Hidden Garden” di Pinggir Kota Jakarta

Karena dari eksplorasi inilah, mengingatkan kita pada banyaknya sisi menarik dan kekayaan yang belum pernah tersentuh alih-alih diketahui.

Jika Sun Tzu masih hidup sekarang ini, maka dia adalah salah satu dari sekian banyak tokoh dimana saya ingin bertemu secara langsung.  Sun Tzu seorang Jenderal ahli perang—berbangsa Cina—telah melahirkan ilmu dari negeri tirai bambu itu sekitar 2500 tahun SM yakni sebuah ilmu atau seni perang yang dituangkan melalui sebuah buku berjudul The Art of War, dari buku inilah pentingnya mengenal medan diketahui oleh banyak orang sekarang ini.

Pembelajaran ini pula, yang menjadikan setiap orang mulai cukup sadar untuk mengenal potensi diri serta sekitarnya. Penerapan ini berlaku untuk banyak hal termasuk untuk sekadar berjalan-jalan atau sebuah rute baru bersepeda. Banyak orang—termasuk saya—yang kerap kali berorientasi untuk lebih tahu isi rumah orang ketimbang tahu isi rumah sendiri, hingga saya juga baru sadar bahwa ternyata banyak tempat menarik yang baru saya tahu akhir-akhir ini justru ada di sekitar saya.

Kebun Pengujian

Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta lokasinya selayak mencari lokasi harta karun, tidak dikenal banyak orang, tidak strategis alih-alih nyempil di pedalaman sebuah kavling di bilangan Jalan Moch Kahfi II, Ciganjur, Jakarta Selatan– yang juga merupakan pinggiran kota Jakarta berbatasan dengan Depok. Saya sendiri tidak menyangka ada tempat semenarik ini di sekitar rumah saya—bahkan sudah belasan tahun saya mendiami Jalan Moch Kahfi II ini.

Tempat ini merupakan “lab” besarnya Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta yang merupakan tempat seleksi dan perawatan sebelum bibit atau tanamannya diterbitkan di berbagai taman di DKI Jakarta. Termasuk diantaranya yang dirawat adalah jenis dari tanaman lindung dan hias.

Pohon-pohon Besar

Pertama kali memasuki spot kebun pengujian ini saya teringat Kebun Raya Bogor (KRB). Dikarenakan begitu banyaknya penampakan jenis tanaman dari yang kecil hingga yang besar, beraneka rupa. Ada juga pohon yang begitu besar seperti pohon yang ada di KRB. Putri seorang teman yang tinggal di kavling yang sama dengan kebun uji ini—yang juga menjadi pemandu saya minggu pagi ini—mengatakan kalo dia dulu ketika kecil sering sekali main di kebun uji. Tak kalah serunya juga dengan apa yang diceritakan Ardy—teman saya yang satu lagi, yang menginisiasi kami untuk datang ke sini—tentang pengalamannya bermain-main di sini.

Mungkin yang menjadi salah satu kekurangannya adalah dengan tidak adanya nama—baik nama lokal maupun ilmiahnya—pada masing-masing tanaman, sehingga kami lebih sering menerka-nerka tanaman apa yang mirip melati ini, atau tanaman apa yang tumbuhnya “kompak” secara miring itu. Meski begitu, ketidaktahuan tersebut tidak mengurangi antusias kami terus berkeliling, menikmati rindangnya pepohonan, menyenangkan mata memandang tumbuhan hijau beraneka rupa sembari bernapas dengan rakus untuk menghirup sebanyak-banyaknya oksigen yang melimpah ruah di dalam kebun ini.

Lanskap Kebun

Awalnya salah satu tujuan kunjungan kami adalah ingin mencari dan memakan buah yang bernama “matoa” yang ada disini—meski saya sendiri belum pernah melihat wujud yang bernama buah matoa tersebut—pada akhirnya meski tujuan  utamanya belum terpenuhi hingga detik ini,  masih ada momen berfoto dengan latar belakang lanskap taman  yang cukup untuk bikin “narsis”, menjadi akhir dari mengenal medan wisata sekitar rumah tinggal ini.

Pohon "Putih"

Inti sari dari pengalaman Sun Tzu semasa hidup– ketika terus-menerus berada pada tengah medan pertempuran di Cina berabad lalu– yaitu mengenal diri Anda dengan baik, mengenal musuh Anda dan mengenal tempat di mana kita bertarung. masih cukup relevan menjadi acuan kita untuk mengenal daerah sekitar kita lebih dekat dan dalam– meski bukan dalam keadaan perang sekalipun. Karena dari eksplorasi inilah, mengingatkan kita pada banyaknya sisi menarik dan kekayaan yang belum pernah tersentuh alih-alih diketahui.[]

Photo Credit by (all fig.s) Dedi Wiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s