Pantai Kuta: Dua Bagian yang Sangat Berbeda

Dua bagian suasana yang sungguh berbeda, tapi tetap lebih menyenangkan–ketimbang berada di bagian yang bukan keduanya, “Tak ada siapa-siapa” dan “Tidak dimana-mana” pada waktu “Sekarang ini”.

Saya pernah mendapati Pantai Kuta sebagai simfoni yang terdiri atas 2 bagian yang sangat berbeda: bagian “banyak orang” dan “hampir tidak ada siapa-siapa”. Ini terjadi pada dua tahun yang berbeda pula–berselang satu tahun diantaranya–yaitu pada tahun 2011 dan 2012.

Bagian "banyak orang"

Bagian “banyak orang” adalah ketika kesana paska lebaran Agustus 2012 kemarin. Primadona wisata Bali–hingga dunia– ini memiliki garis pantai yang panjangnya sekitar 2 km begitu sesak dipenuhi wisatawan domestik, wisatawan mancanegara, hingga hewan-hewan yg berkejaran–yaitu anjing dan kucing. Meski sesak nan ramai, momen terbaiknya adalah ketika semua orang serentak terhenti memandang, merekam, dan menikmati matahari di kejauhan yang mulai terbenam (sunset).

kuta's sunset

Bagian “hampir tak ada siapa-siapa”  adalah Oktober 2011 tahun lalu.  Pagi itu, bersama seorang teman, kami berjalan kaki  menuju Pantai Kuta yang jaraknya sekitar 10 menit dari hotel.  Pagi hari tidak cerah–dan berawan mendung–menjadi latar belakang suasana kami menyusuri garis pantai Pantai Kuta yang begitu panjang dan luas.  Mendapati Pantai Kuta yang begitu tenang ini alih-alih sepi, saya mendadak berdiri menghadap laut, menatap horison yang tampak begitu jauh sembari mencari-cari batang hidung Pulau Jawa–yang sepertinya sama sekali nggak terlihat.

Bagian "Hamprir tak ada siapa-siapa"

Dua bagian suasana yang sungguh berbeda, tapi tetap lebih menyenangkan–ketimbang berada di bagian yang bukan keduanya, “Tak ada siapa-siapa” dan “Tidak dimana-mana” pada waktu “Sekarang ini”.[]

Advertisements

One response to “Pantai Kuta: Dua Bagian yang Sangat Berbeda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s