Obrolan Pagi: Dari Skripsi Sampai Ganti Nasi

Bermula dari silaturahim pagi sabtu nan cerah ini, berhasillah mewawancarai teman saya yg sekarang tengah menjalani skripsinya di tahun akhirnya di Kampus Jatinangor. Berikut dialog tentang bagaimana nasi menjadi momok yg sulit tergantikan di tengah-tengah masyarakat kita, selamat menyimak dan semoga bermanfaat!

  • Seliya Charli
     pengolahan tepung beras parboiled dari padi yg dipanen muda
  • itu teknis doang sel, ada manfaat atau kelebihannya gitu?

  • penanganan buat padi yg kebanjiran sebelum saatnya panen, daripada gagal panen studi kasus di sawah yg emang selalu kebanjiran

  •  mantap yak.
     emang kalo diitung secara nasional
     berapa kerugian pertanian kita dari gagal panen?
  •  tergantung dari bencananya
  •  nah, maksud gue dari sektor banjir yg lu angkat ini
  •  sekarang petani udah makin pinter
     mereka pake benih padi yg tahan banjir
     jadi kalo ujan padinya ga gampang busuk
  • Dedi Wiyanto harusnya kita dr kemaren yak pinternya secara kita ratusan tahun jd negara agraris

             hehe

  •  hhahahah
     kan orang2 kuliahan yg bisa bikin padi tahan banjir ga dr dulu ada
  • haha, iya tapi kan harusnya ada kreativitas lokal dr petani yg udah berpengalaman dr    moyang ke moyang
    btw pendapat lu ttg sosialisasi “sudah ganti makanmu?” gmn sel?
  •  nah itu
     klo gw sebagai food technologist sih setuju
     hahaha
     tp kasian petani padi, berhubung gw neliti ttg padi jd gmn gitu
  • kasian kenapa? toh mereka kan hanya tinggal mempelajari lg metode tanam untuk tanaman jenis lain..
  • tp sawah mereka blm tentu bisa ditanam tanaman lain
    ya itu sih tugasnya orang pertanian sebenrrnya buat neliti jenis tanah disitu biar bisa  tau jenis tanaan yg cocok. hehe
  • kalo dr disiplin lu,
    gue sebagai orang awam, yg hampir engga pedul sama sekali sama energi pd makanan dan bla2nya..
    yg penting makan nasi, terus kenyang..
    tapi gue pengen ganti makan sebetulnya
    dan gue memikirkan faktor ekonomi dan pola makan yg belom terbiasa..
    apa saran lu?
  • hmm intinya sih, apapun ga boleh berlebihan

  •  kalo begitu iklan-nya kurang tepat dong
  •  misalnya lo blom bisa kenyang klo blom makan nasi
  •  harusnya ‘kurangi makan nasimu!’ hahaha
  • hahahaha
    harusnya sebelum ada kata2 sudah ganti makanmu
    ada dulu pengetahuan ttg macam2 karbohidrat selain nasi
    pola pikirnya dulu di ubah, kalo udah berubah tanpa diingetin buat ganti menu,nanti juga sendirinya udah ngeganti sendiri
  •  tapi kan sebenernya tiap daerah jg engga semuanya makan nasi sel?
  •  iya emang
     kan slogan2 ganti menumu itu beredar di kota2 besar yg mayoritas makan nasi
     di kota kecil mah mereka emang ga semua makan nasi kok
     karena di desa2 kecil itu beras mahaall
  •  berat yak ngerubah pola hampir 250 jt orang
  •  hhaha iya, tp sedikit2 bisa kok
     di mulai dr kita nih yg uda2, asiik
     *muda2
  •  nah, kalo di rumah gue mulai kombinasi ke kentang
     gue makan nasi ngambil setengah dr yg biasa, terus lanjut kentang sampe satu gitu..
     ngefek si, kentang jd closing gitu yg ngasih kenyang
     dan lama2 ngasih mindset kalo kentangn yg ngenyangin
  •  besok2 mulai biasain klo kentang ya kentang aja
     nasi ya nasi ajaa
     klo di gabung jadi double carbo
  •  tapi kan jatah nasinya gue kurangin? konversi kentang.
  •  apalagi klo lauknya jagung,pake tepe goreng tepung
     waduh
  •  O, engga lauknya mah tetap standar kalo nasi gue makan sepring penuh nasi.
  •  iya, dikit2 biasain nasinya diganti
  •  gasanggup suka khilaf
  •  hahahahha
     ga usah tiap hari
  •  baru pada tahap ngurangin nasi aja..
  •  in one week, one day no rice
     gw lg nerapin itu
  •  kayak program di depok aje
     ODNR
     One Day No Rice, tiap minggu tuh
  •  emang lg digalakkan dmn2. heheheh
  •  di Depok satu hari ga ada nasi
  •  baguslah
     di depok ga ada nasi, di rumah ttp aja ada ya? hehe
  •  iya, kan rumah gue bukan di Depok
  • Seliya Charli hahahahaa, bisa aja.[]
Narasumber        : Seliya Charli, Mahasiswi Tingkat Akhir Kampus Jatinangor pada bidang
                                    food technologist
Sumber Gambar: Getty Images

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s