Bongkar..Bongkar Kebiasaan Yang Lama [Bukan Iklan Kopi]

” Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang merubah apa-apa yang ada pada diri mereka ” (QS.13:11)

743b

Perubahan, Apa dan Bagaimana?

Selama pekan kekosongan, banyak hikmah yang bisa diraih pada tiap-tiap diri, dengan syarat mengisi pada hal-hal baik tentunya. Meski begitu harus sadari bahwa kekosongan pun dapat berupa uji. Pada kekosongan yang ada, adalah tepat jika kita dapat memetakan diri atas apa-apa yang kita miliki, apa yang kita kuasai, apa yang menjadi kebiasaaan-kebiasaan kita selama ini. Sebab pada gilirannya, kebiasaan (habit)  atas  perilaku-perilaku (attitudes) yang kita lakukan, akan menentukan seperti apa diri kita di masa depan, nantinya.

“Your beliefs become your thoughts,
Your thoughts become your words,
Your words become your actions,
Your actions become your habits,
Your habits become your values,
Your values become your destiny.”

― Mahatma Gandhi

Perubahan bukanlah perkara membalik tangan, sekejap, cepat! Perubahan dimulai dari apa yang kita percayai, apa yang kita yakini. Sedang, apa yang kita percayai dan yakini tergantung dari hal-hal yang mempengaruhi diri mulai dari apa yang kita baca, kita dengar, kita lihat, kita berinteraksi, kita rasakan. Untuk itu, memetakan adalah menginventarisasikan bacaan yang kita baca, pengkajian yang kita dengar, tontonan yang kita lihat, komunitas pergaulan dimana kita berinteraksi serta berbagai macam suasana yang kita rasakan.

Perubahan input-input tersebut itulah yang akan berdampak pada masa depan kita  disadari maupun tidak, cepat atapun lambat. Jadi, Sudah ganti bacamu?! Sudah ganti tontonanmu?!

660

Habit, dan Lakukan 21 Hari!

Perubahan. Inilah perkara pengkreasian kebiasaan-kebiasaan yang baru, yang baik tentunya!  hingga kita dapati kebiasaan baru meniban kebiasaan-kebiasaan lama pada akhirnya. Hal ini-sekali lagi-bukan perkara dua hari apalagi sehari, tapi minimal 21 hari agar kebiasaan itu bisa menjadi hal yang otomatis kita menjalankannya. (berikut kutipan dari forum kompas yang saya dapatkan)

“Dalam 21 hari itu masih terbagi tiga tahapan untuk membentuk memori yang memerintah pikiran dan tubuh seseorang melakukan kebiasaan baru,” ujar Dra. Sani Hermawan, Psikolog.

Dijelaskan, tujuh hari pertama adalah perkenalan. Dalam tahap ini anak diajak mengenal bentuk kegiatan dengan cara menyenangkan. Tujuh hari kedua, pengulangan dan masuk tahap latihan. Semakin sering anak melakukan kegiatan tersebut, maka dia semakin hafal dan menikmati.

“Tujuh hari terakhir lebih ke arah penguatan menuju pemantapan. Diharapkan perilaku anak terbentuk secara permanen dan menjadi satu kebiasaan. Tidak bisa dilupakan, setiap tahap orang tua harus memberi contoh awal, sehingga anak senang mengikutinya,” tambah Dra. Sani.

Menurut Dra Sani, konsistensi sangat diperlukan untuk mencapai perubahan tersebut. Jika sehari saja alpa maka kegiatan harus diulang dari awal. Karena itu, sebaiknya dilakukan bersama anggota keluarga atau teman untuk mengingatkan kebiasaan tersebut.

Sekarang, mari kita lihat definisi kebiasaan habit dari thesaurus oxford berikut ini.

Definition of habit:

NOUN

  • 1a settled or regular tendency or practice, especially one that is hard to give up
  • Dengan terjemahan bebasnya: Menetap atau kecenderungan  teratur atau berlatih,  terutama hal yang sulit untuk menyerah

Jadi, jelaslah bahwa kebiasaan atau habit ini adalah bentuk konsistensi atau istiqomah yang harus dilakukan secara tetap, cenderung teratur, harus terus-menerus dilatih dan jangan sampai  menyatakan menyerah! Kebiasaan membutuhkan perulangan atau repetisi, serta membutuhkan waktu yang cukup lama sebagaimana kita mengingat hadis Rasulullah: “Sebaik-baik perbuatan adalah yang dilakukan seseorang secara terus-menerus walaupun sedikit”.

Akhirulkalam, Mari Bongkar Kebiasaan Lama!

Wallohualam.[]




Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s