iDE Bodoh : Harapan Dalam Solusi-solusi Lokal (1)

Ngeliat simpang siur Jakarta sekarang ini kayaknya engga ada habisnya.  Entah itu perkembangan perkotaan pun dengan segala amburadulnya yang muncul yak memang cerita masalah-masalah lama.

Sedikit hujan langsung banjir, sedikit panas langsung kekeringan, sedikit bangun sana-sini tahu-tahu udah engga ada ruang hijau untuk bernapas atau bergerak alih-alih menyalurkan aktivitas kreasi diri, sedikit gerak mau pergi udah nemu macet di tiap belokan.

Tiap waktu dan tempat beda permasalahannya, untuk itu solusipun pasti akan berbeda. Egois kalo  memaksakan solusi yang sama pada permasalahan yang jelas-jelas berbeda.

Indonesia, Jakarta khususnya adalah daerah yang berbeda dengan timur ataupun barat, budaya kita merupakan akulturasi keduanya, oleh karena itu banyak aspek yang berbeda sesuai dengan kelokalan masyarakat kita. Permasalahan yang terjadi disini meski sama dengan yang diluar sana, solusinya tidak bisa dipukul rata seharusnya.

#iDE Bodoh (1): Sepak Sampah

Semisal dengan permasalahan sampah, yang kian menggunung (yang benar-benar menumpuk sampai kayak gunung). Mungkin kalo ngeliat agak ke Barat, budaya dengan kesadaran buang sampah pada tempatnya sudah sangat melekat erat didukung sistem dan manajemen yang sangat-sangat baik, sampai-sampai sampah bisa dibedain jadi 4-5 kategori. Kalo disini sampahnya udah bisa masuk tempat sampah aja udah bersyukur banget.

Tapi, bukan berarti engga ada harapan dong ya buat menciptakan trend cara buang sampah yang mungkin nyeleneh, hehe. Berhubung saya sendiri ngeliat masyarakat kita suka bola, entah cuma nonton ataupun sampe bener-bener maen bola secara langsung.

Jadi kepikiran kenapa tempat sampahnya engga dibuat jadi kayak gawang, atau malah bener-bener gawang tapi dalam ukuran yang agak kecil. Jadi setiap ada sampah yang mau dibuang, sampahnya bisa dijadiin kayak bola, terus ditendang deh sampe masuk ke gawang. Dan goolll!! masyarakat senang, lingkungan pun bersih 😀

sumber gambar: getty images

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s