Bincang-bincang Santai: Open House Tangga Pustaka

Minggu (25/11/12) kemaren saya ngikut acara open house yang diadakan oleh Tangga Pustaka. Tangga Pustaka sendiri merupakan salah satu grup dari penerbit Agromedia. Acara ini saya ketahui dari statusnya Mas Senda yang isinya mengundang untuk berpartisipasi di acara open house-nya Tangga Pustaka. Jadilah saya konfirmasi acara tersebut melalui PM langsung ke Mas Senda.

Lokasi acaranya lumayan dekat dari rumah saya, sebetulnya sering juga lewat lokasi ini tapi ini kali pertamanya masuk dan bertamu ke penerbit Agromedia. Begitu masuk ternyata acaranya outdoor (karena memang ada bangunan khusus tanpa tembok, jadi langsung plong bersatu sama alam), konsep ruangan di luar ini memberikan suasana nyaman sekali karena kami dikelilingi kebun yang ijo royo-royo. Sangat pas untuk bincang-bincang santai pada ajang bersilaturahim ini.

Saya mendapati sudah ada sejumlah peserta di sini. Ada yang sudah duduk (ini peserta yang pada tengah diskusi nanti kami anggap mirip banget dengan salah satu pembawa acara berita di RCTI), ada yang seorang mba yang bareng masuk bernama saya (lebih jauh kenal namanya mba Tuty) dan sudah ada Mas Senda selaku pembawa acara merangkap narasumber dan Mas Andiek selaku pembicara merangkap tuan rumah.

Oh iya, serunya begitu dateng kita juga dikasih novel gratis nih dari tuan rumah, hehe. Sebuah novel psikologi berjudul Dr. Jekyll & Mr. Hyde ditulis oleh Robert L. Stevenson. Engga lama juga, peserta yang lain hadir dan mengelilingi meja sampai terisi penuh. Dan bincang-bincang santai di pagi yg cukup mendung resmi dimulai.

Dimulai dari perkenalan masing-masing peserta, pembaca acara dan narasumber. Bincang-bincang atau diskusi ini banyak ngebahas tentang pengalaman-pengalaman para penulis mulai dari buku fiksi hingga non-fiksi,  pengalaman suka hingga duka,  proses hingga ke hasil menjadi sebuah buku.  Bisa dibilang juga ini sesi curhat antara penulis, editor, dan pihak penerbit. Alhasil kisah canda, sedih, kesal, dan senang menjadi masukan
baru bagi satu sama lain.

Selain itu juga narasumber dan peserta saling berbagi cerita banyak hal, mulai dari pengiriman naskah, penerimaan naskah, pengadaan bedah buku, memasarkan buku ke pangsa-pangsa pasar yang tepat, komparasi penerbit yang satu dengan yang lainnya, serta komunitas besar semisal goodreads Indonesia (komunitas the real-nya pembaca yang bisa mengomentari buku kita setinggi-tingginya atau sejatuh-jatuhnya)

Setelah itu,  pada sampaian utama dari open house ini adalah menginformasikan kepada peserta acara ini kalau naskah bisa dikirimkan ke Tangga Pustaka yang menspesialisasi penerbitan buku-buku novel ke depannya. Lalu, sampailah pada sesi acara ini yang paling ditunggu-tunggu yaitu sesi foto-foto, lho?! Hahaha. Di sesi akhir ini maka lengkaplah acara open house dari Tangga Pustaka yang memberikan banyak sekali informasi dan pengetahuan bermanfaat bagi siapapun yang ingin memasuki dunia kepenulisan dan penerbitan serta semoga follow-up dari acara ini dapat terwujud ke depannya dengan para teman-teman baru yang luar biasa.

Sumber Gambar: Pribadi

Advertisements

2 responses to “Bincang-bincang Santai: Open House Tangga Pustaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s