Antara berbicara dan menulis

“If you don’t have time to read, you don’t have the time (or the tools) to write. Simple as that.”
― Stephen King

Ingin nulis, tapi nulis apa ya. Jadi enakan menulis bebas (free writing) aja deh, nulis sesukanya yg melintas dalam pikiran. Karna kalo engga dipaksa nulis, bakalan engga nulis-nulis, entah karena males ataupun karena bingung yang justru engga menghasilkan apapun.

Menulis bebas (free writing)i tu terkadang juga  sangat diperlukan biar tata atau gaya bahasa kita engga kaku-kaku amat, ada peregangan semacam senam gitu biar lentur dan engga kaya robot, hehe. Tapi tetep nilai-nilai kesopanan perlu diperhatikan, gaul boleh tapi engga berlebihan juga.

Menulis pun bisa menjadi hal yg paling sulit ya untuk dilakukan, entah karena apanya jg engga tahu. Apa karena kebudayaan yang ngebentuk kita lebih sering ngomong atau ngobrol, sepertinya emang begitu si. Jadi ketika harus dihadapkan pada hal berbau tulis menulis justru sulit untuk dikerjakan.

Padahal apa bedanya menulis sama berbicara ya? apa secara teknis bicara itu lebih mudah ketimbang menulis, mungkin seperti itu, soalnya kalo nulis itu mesti ada proses ‘tertahan’, sehingga perlu waktu untuk bisa menyampaikan apa yang tertulis dalam pikiran yang begitu tiba-tiba. Sedangkan kalo ngomong, proses ‘tertahan’ itu hampir engga ada.

Jadi bisa disimpulkan, menulis itu ngebantu kita menyampaikan hal-hal yang begitu cepat terlintas di otak kita yang sebegitu cepat dan banyaknya untuk disaring dan dikelola dahulu sebelum akhirnya disampaik, ada tambahan proses yang member ruang untuk kita mengkonfirmasi informasi yang perlu disampaikan

Dan juga dengan menulis, sepertinya tidak cuma ingatan memori dalam otak yang akan menyimpan data dan informasi yang kita dapat atau berikan, melainkan ada ingatan tubuh melalui tangan, yang bersynergi dengan otak kita untuk menyimpan lebih membekas dan lama. Wallohualam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s