consciousness

Keterkaitan antar komponen pada sebuah sistem tidak mungkin dapat terpisahkan, sebab semuanya berjalan secara bersamaan dan saling berinteraksi, selalu ada hubungan sebab-akibat yang mempengaruhi dalam sistem.

 Dalam perjalanan kehidupan kita, tanpa sering disadari bahwa banyak hal yang muncul sebagai kesempatan-kesempatan sebagai bahan baku yang siap diolah. Tugas kitalah untuk membaca yang terlihat maupun tidak terlihat, kemudian berpikir untuk mengolahnya sebagai bentuk manifestasi kebermanfaatan.

Mungkin pernah kita alami dalam hari-hari kita, mengapa ada hal-hal yang terkait dan seakan-akan mengarahkan kita untuk mengerjakan sesuatu hal yang tentunya saling berhubungan pada penampakan-penampakan kesempatan yang hadir. Peristiwa ini adalah rangsangan dari kehidupan, tapi tanggapan dari tiap orang berbeda atasnya. Sebagian menganggapnya sebuah kebetulan biasa tanpa perlu melakukan apa-apa, sebagian lainnya memposisikan atapun menyesuaikan diri sebagai penerima takdir yang menunjuk dirinya sebagai pengemban yang sadar atas potensi unik yang dimilikinya.

Diam tentunya adalah pengendapan diri. Maka bergerak adalah pengembangan diri dari kemunduran akan ilmu ataupun pengetahuan. Bergerak adalah proses memisahkan diri, menjadikan diri terus bertumbuh dimanapun dan dalam situasi apapun.

Kesadaran atas potensi adalah runtutan dari proses membaca kemudian mau untuk memetakan diri, sebab peta akan menampilkan segala kelebihan dan kekurangan pada berbagai posisi. Dari sinilah peristiwa sebab-akibat akan memperlihatkan petunjuk-petunjuk peran diri dalam sebuah eksistensi.

Setelah ini, maka kesempatan memilih akan kembali lagi pada diri masing-masing. Apakah akan ada lanjutan dari sebuah impian, untuk memantaskan diri pada takdir unik pada kancah kehidupan yang luar biasa ini .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s