Bersegera Dalam Kesungguhan

Hidup ini singkat nian, waktu bergulir serasa cepat seakan masa kecil yang dulu adalah sore kemaren. Inilah tipuan hidup yang melenakan, kita sering terjebak dalam suasana tanpa pemaknaan. Waktu adalah makhluk Allah pula yang taat, ia tidak mempercepat atau memperlambat dirinya karena ketaataan, kita hidup dalam ruang dan waktu. Hidup di dalam makhluk Allah yang taat mengikuti aturan Allah. Tinggal kita sebagai manusia apakah taat juga kepada Allah?

Islam mengajarkan banyak hal dalam mengatur waktu, karena waktu itu bagai sebilah pisau, dapat kita pergunakan untuk mengelola kehidupan diamanatkan ini atau justru menjadi bumerang yang menghunus kehidupan kita sendiri. Dalam firman-Nya, Allah bersumpah demi waktu, bahwa manusia akan merugi, kecuali orang yang beriman dan beramal soleh serta saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.

Sebagai manusia kita tak pernah luput dari salah, kecewa, malas, sedih, gelisah, marah, galau, bingung, bimbang dan perasaan lain yang merupakan fitrah penciptaan manusia. Tapi yang membedakan manusia yang tidak akan merugi seperti dalam Al-Ashr itu adalah orang-orang yang beriman dan beramal soleh serta saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran. Dan upaya menjadi dari orang yang tidak merugi tersebut adalah bersegera dalam kesungguhan terutama dalam merubah diri sendiri terlebih dahulu, upaya ini jelas dituliskan dalam ayat tersebut bahwa kita meningkatkan kapasitas keimanan serta amal soleh yang pastinya dilakukan secara personal, lalu bersegera bergerak kepada orang lain dalam kesungguhan untuk tulus menasihati dalam kebaikan serta kesabaran.

Duhai sahabat pilihan Allah, sering aku salah untuk langsung bergerak menyalahkan dan menasihatimu. Tanpa sadar mungkin aku yang harus berbenah diri terlebih dahulu, agar jika tidak menjadi orang beruntung setidaknya kita tidak merugi..

 

Surabaya, 1 Agustus 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s