Perubahan

Setiap insan di persinggahan ini, melalui begitu banyak transisi. Menghadapi perubahan secara fisik serta jiwa. Terkadang naik, tapi lebih sering turun.

Yang mendaki tak selamanya akan terus naik, yang jatuhpun tak kan selamanya turun. Hidup ini adalah pergiliran posisi dari sebuah narasi, tapi sulit untuk diprediksi. Setiap insan dengan segala pikir, potensi dan aksi. Berkeinginan besar, beserta kemantapan untuk menggapai cita.

Persamaan persepsi dari masing-masing individu, hendak menuai rasa bersama guna mencapai visi. Dalam perjalanan akan banyak prasangka yang bermuara tanpa iba, seperti lupa akan kesamaan pada awal mula yang kini justru lebih sering mencari beda.

Pada setiap pertumbuhan, entah itu dalam rangka sendiri atau kolektif. Keseragaman rasa   kini bergantung pada suasana. Jika tak dimaknai atau harmonisasi akan menjadi sandungan, yang menyandungkan, lalu jatuh.

Kembali pada prasangka yang juga bergantung pada suasana, akankah menjadi sebuah beda, yang berakhir pada prahara? Pertanyaan ini akan menumbuhkan jika diiringi juga pada jawaban berlandas pada shara, nalar dan ilmu. Bukan hanya sebuah terka tanpa berdasar pada apa-apa.

Khalifah sebagai pengelola, memiliki fitrah untuk bersama alam pengelolaan yang lebih besar. Karena dua tentunya berbeda dengan satu, dan tiga berbeda dengan dua. Inilah akumulasi dari sebuah ikatan.

Bentuk ikatan  bagaimana yang seharusnya menumbuhkan, ikatan bagaimana yang harusnya membentuk perubahan pada arah kebaikan. Pada posisi ini mungkin kita perlu sejenak rehat dalam jeda, memetakan diri untuk sedikit mengetahui kualitas diri pada proses perubahan ini. Sehingga perubahan tidak terlalu lama dalam proses, sebab perhentian sejenak ini memerlukan optimasi melalu revisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s