Ragam Temaram

Ragam sekarang tersebar,  bukan sekadar ragam biasa melainkan ragam yang temaram, menyebar tanpa arah tak terhitung bercampur dengan udara yang terhirup. Dan, jika kita tidak mawas diri dapat mengganggu  siklus nafas yang kita hirup. Jika kita berbaur dan menjangkiti, tentunya tidak mudah untuk diobati, mahal dan sulit itu pasti.

Batasan seakan menjauh tak berarti, seakan berlari. Kemudian samar hingga menghilang sampai seakan tak terjangkau. Pengendalian akan informasi lepas tanpa kendali, berbaur pada apa yang disebut sebagai pengetahuan bentuk baru menjadikan ilmu yang sesungguhnya hilang tanpa eksistensi.

Setelah ini, apa lagi?

Tidak ada yang tahu, hanya menuai usaha, upaya, kerja yang itupun terkadang menjadi dilema. Sebenarnya, kesuksesan berlaku keseluruhan tanpa melihat landasan niat ataupun tujuan pelaku, dan dunia hanya perealisasi dari kerja keras dan pengorbanan. Tampaknya benar jika salah seorang sahabat menyatakan bahwa kejahatan yang terorganisir akan berhasil. Ya benar. Semua hal inipun berbicara tentang proses dan durasi, berapa lama dan bertahannya sebuah mau yang teriringi keberlanjutan untuk mempertahankannya penuh mantap penuh aksi. Semakin terorganisir atas tindakan antisipasi pada tiap-tiap perjuangan, maka akan panjang juga eksistensinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s